Ny. IA. Selly Mantra Rangkul dan Motivasi Penderita Kanker

(Baliekbis.com), Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Denpasar sekaligus Ketua K3S Kota Denpasar bersama SMP PGRI 2 Denpasar melakukan gerakan peduli kepada sesama dengan memberikan bantuan kepada tiga orang penderita kanker payudara dan serviks ovarium  di Kota Denpasar Jumat (30/8).

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Selly Mantra merangkul dan memberikan motivasi agar para penderita kanker terus semangat dalam proses pengobatan menuju kesembuhan.
Tiga orang penderita kanker tersebut yakni Ratih Jumayanti  penderita kanker payudara di Jalan Wr Supratman, Wayan Diantari penderita kanker payudara di Jalan Letda Kajeng dan Nyoman Astrini Asih penderita kanker servik ovarium  di Jalan Cekomaria Perum Kopertis Munduk Sari.
Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Ny. Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan motivasi kepada para penderita kanker agar tetap optimis untuk bisa sehat, sekaligus mengetahui kondisi kesehatan para penderita kanker.
“Melalui kegiatan ini orang yang menderita kanker termotivasi agar lebih bersemangat untuk sembuh karena banyak yang memperhatikan dan peduli,’’ ujar Ny. Selly.
Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi wahana edukasi untuk mengajak anak-anak ikut peduli dan berbagi kepada sesama manusia yang membutuhkan, sehingga dalam kesempatan ini pihaknya juga menggandeng siswa SMP PGRI 2 Denpasar dalam memberikan bantuan.
Hal ini mengingat siswa SMP PGRI 2 Denpasar menjadi Duta Pelajar Peduli Kanker dan mewakili Pemerintah Kota Denpasar dalam lomba PKTP  (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna).
Dengan melihat langsung penderita kanker yang ada di Kota Denpasar, sebagai Duta Pelajar Peduli Kanker mereka akan lebih peka dan termotivasi secara terus untuk memberikan pemahaman tentang kanker kepada pada teman-temannya dan masyarakat di sekitarnya.
Kabid Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan  Kota Denpasar dr. IB Gede Eka Putra menambahkan, kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan mulai dari di teksi dini. Khusus untuk kanker  payudara pemeriksaan bisa mulai dari sendiri setiap bulan setelah menstruasi atau periksa payudara klinis dengan datang ke fasilitas kesehatan dan skinning. Sedangkan untuk kanker servik bisa dilakukan dengan tes IVA dan pap smear.
“Jika kanker sejak dini diketahui maka kesembuhannya lebih memungkinkan,” ungkapnya. Kepala Sekolah SMP PGRI 2 Denpasar I Gede Wenten Aryasuda menambahkan, kegiatan ini juga untuk  meningkatkan rasa kemanusiaan, serta mewujudkan siswa peduli dengan sesama.  Mengingat SMP PGRI 2 Denpasar memiliki Duta Pelajar Peduli Kanker dan mewakili Pemerintah Kota Denpasar dalam lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali . Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini ia berharap mereka lebih paham tentang kanker dan senantiasa melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga. (ayu)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: