Nongan Village Festival III, Putri Koster Imbau Anak Muda Harus Kreatif dan Mandiri

(Baliekbis.com), Nongan Village Festival III resmi dibuka Ibu Putri Suastini Koster, Sabtu (9/11/2019) yang ditandai dengan penancapan Wayang Kayonan.

Sebelumnya, dengan piawai istri Gubernur Bali ini memainkan Kayonan layaknya dalang diiringi gamelan wayang yang apik dikolaborasikan dengan biola dan instrumen musik modern lainnya.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya Ketua TP PKK Provinsi Bali ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada Desa Adat Nongan, khususnya anak-anak mudanya yang tetap semangat dan konsisten menyelenggarakan NVF sampai ketiga kalinya.

“Kegiatan seperti ini (Festival -red) perlu terus dilaksanakan. Jangan dilihat seolah hanya pesta dan berfoya-foya. Tapi, dimaknai sebagai ajang kreativitas dan pembinaan generasi muda secara menyeluruh,” tegas Putri Koster.

Lebih jauh, istri Gubernur Bali yang juga Ibu Asuh Desa Adat Nongan ini meminta kepada generasi muda untuk semakin percaya diri sehingga ke depannya pelaksanaan NVF menjadi semakin berkualitas serta tidak lagi selalu mengharapkan bantuan.

Diimbau agar orang tua, khususnya Prajuru Desa memberikan ruang gerak kepada anak-anak muda untuk berkreativitas. Pada kesempatan meninjau pameran, Putri Koster memberikan penilaian pelaksanaan tahun 2019, kualitas pelaksanaannya semakin baik. Semua potensi lokal Desa Adat Nongan bisa ditampilkan dalam expo, yang juga menjadi bukti masyarakat Nongan sangat produktif dan mandiri secara ekonomi.

“Selagi muda jangan sia-siakan waktu. Terus berkreativitas tunjukkan jati diri,”
ungkapnya seraya secara panjang lebar mengingatkan generasi muda untuk melaksanakan kegiatan positif, misalnya melaksanakan festival serta menjauhi kegiatan-kegiatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba.

Pada kesempatan tersebut, ibu yang akrab dipanggil Bunda Putri ini membius ribuan penonton dalam pertunjukkan musikalisasi puisi Kumbakarna berkolaborasi dengan seniman-seniman muda Sanggar Narayana Desa Nongan. Tidak tanggung-tanggung seniman multi talenta ini mempersembahkan sebuah lagu untuk menghibur masyarakat Nongan yang memadati Wantilan Desa Adat Nongan ini.

Bendesa Adat Nongan I Gusti Ngurah Wiryanata dalam laporannya menyampaikan bahwa NVF III dapat terlaksana berkat dukungan Ibu Putri Koster yang selalu mensupportnya termasuk dukungan dananya. Pada pelaksanaan yang memasuki tahun ketiga panitia menggandeng BPD Bali dan beberapa sponsor lainnya.

NVF III yang mengambil tema “Tindih: Kesetiaan pada Tanah Kelahiran” ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 9 s.d. 10 November 2019 bertempat di Wantilan Desa Adat Nongan. Berbagai kegiatan dilaksanakan antara lain Lomba Baca Puisi Berbahasa Bali, Lomba Menyurat Aksara Bali, Lomba Dharma Wacana, Lomba Mesatu Bali, Yoga, expo, kuliner dan pasraman kilat. Beberapa artis juga dihadirkan untuk meramaikan antara lain Kiss Band, Matan Ai, Klik Yellow Band, dan artis lainnya. Turut hadir pula pada pembukaan NVF III Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Gede Dana dan Direktur Operasional BPD Bali beserta jajarannya serta pemuka masyarakat Desa Adat Nongan. (ksa)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: