Nilai Pancasila Penting Bagi Pembentukan Karakter Generasi Muda

(Baliekbis.com), Dalam rangka mengatasi permasalahan kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Kabupaten Gianyar  sosialisasikan lomba cinta parade tanah air. Kepala Badan Kesbangpol Dewa Alit Mudiarta mengatakan, “Sosialisasi lomba cinta parade tanah air merupakan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan negara guna membumikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, sebagai sumber hukum, dan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa” ungkapnya saat membuka sosialisasi tersebut di Ruang Sidang Bupati, Rabu 9/5.

Membacakan sambutan Pj.Bupati, dewa Alit Mudiartha mengatakan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila dapat dijadikan acuan bagi bangsa Indonesia dalam menjawab berbagai persoalan yang dihadapi saat ini maupun yang akan datang. Harapannya “Pelaksanaan Pembinaan SDM Pertahanan negara di Kabupaten Gianyar dapat meningkatkan rasa nasionalisme, mengukuhkan persatuan, dan sikap saling menghargai perbedaan dan kemajemukan”  ujar Alit Mudiartha.

Lebih lanjut Alit Mudiartha menekankan kepada para guru yang hadir pada kesempatan tersebut agar materi-materi yang diberikan dapat disampaikan kepada anak didiknya disekolah. Nilai Pancasila harus ditanamkan kepada anak didik sebagi bagian dari pembentukan karakter. Dengan berpegang teguh kepada Pancasila agar generasi kedepan tidak kehilangan jati diri di tengahera globalisasi.

Pejabat Perwakilan Kementrian Pertahanan Provinsi Bali Ketut Budiastawa mengatakan adanya kecendrungan degradasi moral dan rendahnya rasa kebangsaan yang terjadi diantara warga masyarakat akhir-akhir ini, merupakan dampak negatif dari era globalisasi. Pembinaan SDM pertahanan negara melalui sosialisasi lomba parade cinta tanah air bertujuan untuk Membentuk warga Negara Indonesia generasi muda bangsa, yang memiliki kesadaran sikap dan prilaku yang menjunjung tinggi pentingnya revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa, dan bernegara.

Lebih lanjut Budiastawa mengungkapkan “Sebagai pelajar dan mahasiswa ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai wujud dari rasa cinta tanah air, belajar yang rajin sebagai wujud dari usaha untuk menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas” ujarnya. Harapannya para peserta mampu mengimplementasikan serta mampu menyebarluaskan nilai-nilai bela negara dan cinta tanah air sekaligus menjadi panutan dalam pemantapan pembangunan karakter bangsa diwilayahnya masing-masing. Karena generasi muda sebagai Agen of Change (Agen perubahan) agar NKRI menjadi negara yang lebih baik dan menjadi negara pemenang. (abg)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: