Nengah Tamba: Cegah Penyebaran Covid-19, Perketat Pengawasan Duktang Masuk Bali

(Baliekbis.com),Tokoh Jembrana Nengah Tamba, S.H. yang juga mantan anggota DPRD Bali mengingatkan petugas jaga yang ada di Gilimanuk agar lebih mengetatkan penjagaan bagi pendatang yang masuk.

“Jangan sampai ada Penduduk Pendatang (Duktang) masuk Bali lolos begitu saja dari pemeriksaan surat-surat atau rapid test. Ini demi Bali dalam memutus mata rantai Pandemi Covid-19,” terang Tamba, Minggu (1/6/2020) saat dikonfirmasi.

Menurut politisi Partai Demokrat ini, masyarakat Bali hanya ingin agar
pemerintah lebih mengutamakan prosedur kesehatan dijalankan dengan baik. Hal itu agar secepatnya bisa memutus mata rantai pandemi Covid-19. “Kalau Pekerja Migran Indonesia (PMI) ketika datang ke Bali di karantina, mestinya duktang ke Bali juga harus dikarantina dulu,” ujarnya.

Tamba juga mengatakan kontrol pengawasan terhadap kinerja aparat yang ada di lapangan harus diperkuat. Jangan sampai ada oknum petugas seperti yang terjadi di Gilimanuk sampai ada meloloskan duktang tanpa adanya pemeriksaan identitas atau rapid test. “Kita di Bali saat ini mendapat tantangan yang cukup berat yakni bagaimana bisa memutus mata rantai wabah ini,” tegasnya.

Mestinya para aparat yang berjaga di lapangan bisa mencontoh peran para pecalang yang mau bekerja maksimal, dan bisa menjaga Bali dengan baik. Padahal mereka (pecalang) tidak digaji (ngayah). Itu karena kecintaan mereka buat tanah kelahiran agar nantinya bisa cepat terbebas dari segala macam penyakit yang salah satunya pandemi Covid-19,” imbuh Tambah. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: