NasDem Bali Jaring Wakil Rakyat

(Baliekbis.com), Partai NasDem Bali memulai tradisi baru dalam menjaring wakil rakyat dengan membuka kesempatan bagi semua lapisan masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam proses pencalegan pada Pemilu 2019. Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Gunastawa menyatakan, tradisi baru yang dikenalkan dengan nama “NasDem Memanggil’ memberikan kesempatan dan peluang sama bagi seluruh lapisan masyarakat. Selama ini masih ada persepsi, hanya kader yang duduk di struktur partai saja yang berkesempatan mengikuti pencalegan. Padahal, diakui banyak juga anggota masyarakat di luar pantai yang lebih mumpuni memiliki pontensi besar untuk bisa menjadi wakil rakyat.

“Makanya kami siapkan sejak dini, siapa wakil-wakil yang akan duduk di lembaga legislatif,” tegas Gunastawa saat peluncuran NasDem Memanggil, Kamis (9/2/17). Tak jarang yang terjadi kader yang telah diberikan mandat parpol sebagai wakil rakyat, kemudian ada yang mengkhianati amanah, terlibat dalam berbagai tindakan seperti korupsi. Pada akhirnya, mereka tidak lagi bisa mewujudkan apa yang menjadi harapan dan cita-cita masyarakat yang mendukungnya.

“Sekarang, kami berikan Kesempatan sama kepada masyarakat yang ingin menjadi wakil rakyat,” tandas Gunastawa didampingi jajaran pengurus DPW NasDem Bali. Bukan berarti NasDem tidak punya kader mumpuni sehingga harus mencari lagi membuka pintu masyarakat non kader. “Kita punya banyak kader yang layak duduk di partai, namun kita memberikan ruang seluas-luasnya yang sesuai dengan visi misi NasDem,” tandasnya. Pendek kata, NasDem ingin memberikan kesempatan sama masyarakat untuk berjuang demi kepentingan bersama untuk membangun bangsa.

Gunastawa memastikan, bahwa masyarakat yang bergabung mendaftarkan diri akan memiliki peluang dan kesempatan sama dengan kader NasDem atau mereka yang sudah duduk di legislatif yang ingin maju kembali dalam pemilu mendatang. “Ini cara baru NasDem, kami juga tegaskan, mereka yang bergabung mendaftar kami pastikan tidak ada mahar baik saat masuk maupun setelah menjadi wakil rakyat,” janjinya. Dengan begitu, segala macam tawar menawar atau deal-deal politik untuk posisi atau nomor urut, tidak akan terjadi dalam proses pencalegan ini.

Sebab, semua proses dilaksanakan secara transparan dengan melibatkan media diumumkan secara luas ke publik. Rencananya, pendaftaran caleg di semua tingkatan akan dimulai 1- 31 Maret 2017 bertempat di Sekretariat DPW Partai NasDem, Renon Denpasar. Pengumuman kelulusan bakal caleg direncanakan bulan Mei mendatang. Semua calon yang dinyatakan lolos pendaftaran akan diberi kesempatan untuk turun langsung ke masyarakat bersama calon lainnya, mengenalkan diri dengan konstituen masing-masing. (rhm/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: