MPLS Jadikan Siswa Lebih Peduli Lingkungan

(Baliekbis.com), MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) diharapkan menjadikan siswa baru lebih memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Selain itu, siswa baru juga nantinya akan  mampu memunculkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki yang merupakan salah satu bagian dari penerapan pendidikan karakter. Kepala SMK PGRI 3 Denpasar Drs. I Nengah Madiadnyana, M.M. mengatakan hal itu, Senin (10/7) di sela-sela kegiatan MPLS yang dilaksanakan sekolah tersebut.

MPLS yang diawali dengan pelaksanan upacara bendera, dilanjutkan dengan pengabdian masyarakat ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 10-12 Juli 2017. Melalui MPLS ini tambah Madiadnyana, siswa akan lebih disiplin nantinya. Sebanyak 690 siswa baru di SMK PGRI 3 Denpasar yang mengikuti MPLS juga diharapkan berkarakter dan berbudi pekerti luhur berlandaskan idiologi Pancasila.

Disinggung soal PPDB lewat jalur zonasi, Madiadnyana menjelaskan bahwa program ini masih agak rancu terutama pada pembagian lingkungan (zona) yang harus dikaji ulang atau disosilisaikan terlebih dahulu. “Karena masyarakat belum sepenuhnya memahami terkait pelaksanan PPDB lewat jalur zonasi yang harus ditentukan lewat nem tertinggi, usia tertinggi, KK miskin maupun prestasi,” jelasnya.

Lanjutnya, namun bagi sekolah swasta terutamanya di SMK PGRI 3 Denpasar justru banyak manfaat yang bisa petik dari proses pelaksanaan PPDB lewat jalur zonasi yakni banyak orangtua siswa mendaftarkan anak didiknya ke sekolah swasta yang disebabkan tidak diterima di sekolah negeri. ”Bagi penyelenggara dunia pendidikan yakni pemerintah yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hendaknya kembali melakukan kajian agar jangan sampai mengganggu kemajuan dunia pendidikan ke depanya,” imbuhnya. Ditambahkan, pelaksanan PPDB lewat jalur zonasi sebenarnya sangatlah bagus, namun harus dilakukan uji coba atau sosialisasi terlebih dahulu untuk bisa meyakinkan kepercayaan masyarakat. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: