Miliki Kandungan Protein Tinggi, Mangku Pastika: Besar Potensi Pasar Lele di Eropa

(Baliekbis.com), Ikan lele selain memiliki rasa enak, mudah mengolahnya juga kandungan gizinya sangat besar. Proteinnya tinggi dimana setiap 100 gram setara dengan sebutir telor. Lele juga kaya B3, omega 3 dan 6 yang sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan.

“Di Eropa jenis lele ini mirip ikan patin yang nilai ekonominya tinggi. Jadi peluang pasarnya sangat terbuka lebar. Dimasak apapun lele ini sangat enak. Saya sejak kecil makan lele,” ujar Anggota DPD RI Dapil Bali Dr. Made Mangku Pastika,M.M. saat kudapil dalam rangka reses, Minggu (23/1) di ALC (Agro Learning Center) Jalan Cekomaria Denpasar.

Pada reses dengan tema “Mangku Pastika Ngoreng Lele” yang dipandu Tim Ahli Nyoman Baskara didampingi Ketut Ngastawa dan Nyoman Wiratmaja, mantan Gubernur Bali dua periode ini selain melakukan panen lele dari kolam bioflok ALC dan memetik sayuran pokcay, juga ikut langsung bersama chef Gelan yang berpengalaman di hotel bintang lima mengolah lele menjadi makanan yang siap saji.

Mangku Pastika bersama Chef Gelan

Dikatakan dengan kandungan gizi dan rasa yang enak, lele makin banyak digemari masyarakat. Apalagi lele yang dibudidayakan di ALC ini dengan sistem bioflok yang sangat terjaga kebersihan dan kesehatannya.

“Bali setiap harinya perlu lele 12 ton, sedangkan pasokan lokal hanya 5 ton, sehingga sebagian besar didatangkan dari luar. Jadi pasarnya luar biasa dan ini harus bisa ditangkap dengan baik,” ujar Mangku Pastika seraya berharap pemerintah setempat ikut memberi perhatian dalam memberdayakan masyarakat mencintai bumi pertiwi.

Mangku Pastika bahkan memberi motivasi bagi masyarakat agar tetap semangat di masa pandemi ini. “Seperti ikan lele ini bisa bertahan hidup di lumpur ketika tak ada air,” ujarnya.

Di tangan chef Gelan, lele diolah menjadi lele geprek, pizza, burger dan olahan lainnya yang memiliki cita rasa tinggi. “Pengolahannya kita buat sederhana sehingga mudah dilakukan dan gizinya tetap terjaga,” ungkap juru masak yang kerap melayani presiden saat ke Bali. (bas)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.