Meriah, Penutupan Festival Budaya Pertanian

(Baliekbis.com), Festival Budaya Pertanian Kabupaten Badung ke -6 setelah berlangsung sejak tanggal 15 Juli lalu, resmi ditutup Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gst Agung Ketut Sudaratmaja di areal Jembatan Tukad Bangkung, Petang, Selasa (18/7). Penutupan yang berlangsung cukup meriah itu dihadiri Kepala Perangkat Daerah, Perbekel Desa Pelaga dan Desa Belok Sidan serta seluruh peserta festival.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan IGAK Sudaratmaja menyampaikan bahwa Festival Budaya Pertanian ke-6 ini mengambil tema ” Angajap Lango ” (mendambakan seni) adalah bentuk ekspresi dan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya sebagai modal dasar, yang selama ini telah mampu menggerakkan partisipasi masyarakat di Kab Badung dalam pembangunan. Setalah dicermati pelaksanaan Festival Budaya Pertanian ke-6 ini telah berjalan dengan baik bahkan sangat semarak yang terlihat dari meriahnya pembukaan, tingginya apresiasi masyarakat, demikian pula pelaksanaan agenda festival berjalan dengan baik. “Semakin tahun, festival ini semakin menunjukkan perubahan yang signifikan, semakin kreatif dan mendapatkan dukungan masyarakat. Demikian pula makna festival yang berdimensi investasi, edukasi dan penciptaan daya saing khususnya untuk Badung Utara terlihat semakin nyata,” jelasnya. Berkaitan dengan perspektif pengembangan festival untuk pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat, pihaknya sependapat bahwa kegiatan kegiatan OPD yang ada dapat disinergikan di festival ini, seperti job fair, lomba-lomba dalam pengembangan minat baca. Dengan demikian festival budaya pertanian ini juga akan menjadi semacam “One Stop Service” untuk  pelayanan publik dan media edukasi bagi masyarakat.

IGAK Sudaratmaja.

Dalam rangka lebih memperkenalkan potensi Badung Utara, dan memperkuat sinergi pertanian-pariwisata sebagai salah satu tujuan festival, telah dirintis “Badung Fun Run 3 K”, mulai dari lapangan parkir Pura Puncak Mangu sampai dengan Jembatan Tukad Bangkung. Kegiatan ini ternyata mendapatkan sambutan meriah masyarakat, tercatat hadir sekitar 1000 perserta. Seksi lomba Festival Budaya Pertanian I Made Mertayasa melaporkan menetapkan juara lomba lomba kegiatan Festival Budaya Pertanian di Kab Badung tahun 2017. Kepada juara lomba diberikan penghargaan/hadiah berupa piagam penghargaan, tropy dan uang pembinaan. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: