Mendongeng Mesti Digalakkan

(Baliekbis.com), Di era melineal ini informasi yang didapat tidak ada batasnya. Hal ini sangat berdampak terhadap etika anak dalam pergaulannya. Sehingga mereka lebih cendrung ingin mencoba hal-hal yang melanggar etika. Tentunya ini harus menjadi perhatian serius oleh semua pihak termasuk PKK yang telah mempunyai kader sampai tingkat banjar dan lingkungan. Demikian disampaikan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat membuka rakon PKK Kota Denpasar di Gedung Santhi Graha, Senin (29/4). Rakon yang berlangsung sehari tersebut diikuti seluruh kader PKK mulai dari tingkat banjar/linkungan, desa/kelurahan sampai kecamatan dan kota juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra bersama Wakil Ketuanya Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara beserta Ketua Gatri Wara Ny. I Gusti Ngr. Gede. Pembukaan rakon tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa IB Alit Wiradana, Kadis Pendidikan I Wayan Gunawan dan instansi terkait.

“Di era sekarang ini pendidikan etika harus benar-benar ditanamkan pada anak-anak. Bila tidak, anak-anak kita yang merupakan generasi penerus masa depannya akan suram,” ujar Rai Mantra. Untuk itu Rai Mantra mengajak semua pihak termasuk PKK Kota Denpasar untuk melakukan gerakakan massal menanamkan etika pada anak melalui kegiatan mendongeng.  Karena menurut Rai Mantra dengan cara mendongeng dapat menanamkan etika pada anak-anak. Mengingat cerita-cerita anak yang ada penih dengan pendidikan etika. “Saya minta pada PKK Kota Denpasar untuk segera melakukan gerakan bercerita untuk anak,” ujarnya. Diharapkan dengan melakukan aksi dongeng ini diharapkan dapat lebih menanamkan etika pada anak-anak. Gerakan ini juga merupakan salah satu revolusi mental untuk mempersiapkan generasi penerus dengan etika yang baik. Disamping itu untuk kegiatan ini Rai Mantra berharap menggandeng para komunitas yang ada seperti komunitas mendongeng.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra menanggapi hal tersebut menyampaikan akan menjadi perhatian serius untuk para kader. Dan tentunya akan menggalakkan kegiatan mendongeng sehingga dapat menanamkan etika pada anak-anak. Memang sekarang ini anak-anak lebih cendrung berinteraksi dengan gadget sehingga mereka sangat mudah untuk mendapatkan informasi. Terkadang tidak semua informasi yang ada di dunia maya baik untuk anak-anak dan perlu disaring. Bila informasi yang kurang baik diterima anak-anak yang baru menginjak dewasa tentunya menimbulkan hal kurang baik bila tidak bisa memilah. “Kami akan segera melakukan tindakan gerakan mendongeng yang melibatkan para kader dan guru-guru PAUD,” ujarnya. (gst)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: