Mendag Berikan Kuliah Umum di Unud, Untuk Maju Jangan Berpikir untuk Instan

(Baliekbis.com), Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan perdagangan bebas dan keterbukaan dapat menjadi cara untuk maju dan berkompetisi dengan negara lain. Hal ini disampaikan saat memberikan Kuliah Umum pada acara Pra-Wisuda ke-126 dan Studium Generale ke-XX Universitas Udayana, Bali, yang berlangsung, Jumat (25/5) dalam rangkaian kunjungan kerja ke Bali. “Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia tidak boleh tertinggal dari negara lain, baik dalam hal ekspor maupun pertumbuhan ekonomi. Kita bisa terus maju dengan membuka diri dan mengambil manfaat dari perjanjian perdagangan bebas dibandingkan dengan negara lain. Dengan membuka diri, kita juga membuka peluang untuk berkembang dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tegas Mendag.

Untuk menghadapi masuknya produk luar dari perdagangan bebas, kita harus mampu meningkatkan kualitas produk dalam negeri dan menjaga harga tetap kompetitif agar dapat bersaing dengan produk luar. “Dengan demikian, kita dapat memenuhi pasar dalam negeri dengan produk dalam negeri sekaligus melakukan ekspor. Kita jangan hanya menjadi pasar bagi negara luar, tetapi juga dapat memasarkan ke luar,” jelas Mendag. Di akhir kuliah umum, Mendag juga memberikan pesan kepada para calon wisudawan bahwa kunci untuk menjadi maju adalah jangan pernah berpikir untuk instan dan tetap menjaga komitmen. “Dalam perjalanan, komitmen kita yang akan diuji dan kita harus dapat memegang komitmen kita sendiri,” tandasnya.

“Kami membutuhkan putra-putri terbaik dari Universitas Udayana untuk turut memajukan negeri ini. Mari berbuat yg terbaik untuk bangsa ini,” pungkas Mendag. Kuliah umum yang dibuka Rektor Universitas Udayana Profesor A.A Raka Sudewi ini dihadiri 1222 orang wisudawan yang akan diwisuda besok, Sabtu (26/5). Dalam sambutannya, Prof. Raka Sudewi menyampaikan harapannya agar melalui kuliah umum ini para calon wisudawan mendapat pencerahan dan semangat baru untuk menghadapi tantangan perdagangan bebas. Berlaku sebagai moderator dalam acara ini, Direktur Badan Pengelola Usaha Universitas Udayana, Sayu Ketut Sutrisna Dewi.

Dorong Mahasiswa Berwirausaha

Usai memberikan kuliah umum, Mendag juga meninjau Pameran Kewirausahaan yang diadakan UKM Barisan Muda Kewirausahaan (Barakuda) Universitas Udayana. Mendag menyampaikan bahwa Kemendag turut mendukung upaya Universitas Udayana yang mendorong para mahasiswa dan alumninya untuk menjadi wirausahawan muda.

“Inovasi dan kreativitas banyak dilahirkan oleh anak muda. Untuk itu, kita bisa mendukungnya dengan memberikan akses bagi mereka untuk berwirausaha,” kata Mendag. Kemendag juga membuka pintu untuk bekerja sama dengan Universitas Udayana guna mencetak wirausahawan muda. “Karena masa depan ekonomi dan dunia usaha Indonesia sangat membutuhkan para wirausahawan muda,” pungkas Mendag. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: