Media Gathering Unud, Upaya Jembatani Informasi dengan Masyarakat

(Baliekbis.com), Universitas Udayana (Unud) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Media Gathering dengan mengundang pimpinan redaksi maupun jurnalis dari berbagai media cetak, media online, dan media audio visual pada Sabtu (25/9/2021) malam bertempat di La Prissa Kitchen Sanur.

Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya menjalin hubungan baik, sekaligus sebagai sarana untuk menginformasikan berbagai hal tentang Unud ke masyarakat (publik) melalui media. Media memiliki peran yang sangat penting sebagai jembatan informasi antara Unud dengan masyarakat. Sebagai pihak penunjang kegiatan, media merupakan sarana publikasi yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini khalayak, sehingga dapat mendukung publikasi Unud.

Untuk menjaga independensi dan keakuratan, media tentunya membutuhkan informasi yang resmi dan lengkap dari Unud. “Hal inilah yang diharapkan dapat menciptakan hubungan saling menguntungkan antara Unud dan media. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling memiliki, dimana Unud merupakan milik publik, sehingga segala informasi, program kegiatan dan raihan prestasi, dapat terpublikasikan dengan cepat, tepat dan sampai dengan baik ke masyarakat,” ujar Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU yang hadir bersama para Wakil Rektor dan Kepala Biro, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unud, Ketua Media Unud beserta staf, jajaran Humas Unud, serta Ketua Panitia Dies Natalis Unud ke-59.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga mengenalkan Ayu Asty Senja Pratiwi, Ph.D, Dosen FIB Unud atau yang akrab dipanggil Senja Pratiwi sebagai Juru Bicara (Jubir) Unud untuk memfasilitasi media dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan Unud.

Dijelaskan Media Gathering ini menjadi proses awal dari terbentuknya Forum Komunikasi Unud dengan media. Melalui kesempatan ini para jurnalis akan dihimpun dalam sebuah WA Group agar dapat lebih mendekatkan diri dengan Unud. Tujuannya, untuk memudahkan segala informasi yang berkaitan dengan Unud agar sampai dengan utuh dan cepat ke pihak media.

“Melalui Forum Komunikasi ini media dapat mengkonfirmasi berbagai isu yang beredar di masyarakat, sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi aktual dan terkini terkait dengan Unud,” jelas Rektor.

Untuk menunjang hal ini, Unud akan membuat website khusus, yang memuat beragam informasi dan kegiatan dari Rektorat, 13 Fakultas, Program Pascasarjana, serta beberapa Lembaga dan Unit Kerja di lingkungan Unud. Sehingga, selain memperoleh informasi dan foto dari akun Facebook dan Instagram Unud, media dapat mengakses lebih banyak informasi dari website khusus ini. “Peran serta rekan-rekan media sangat diharapkan untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai Universitas Udayana,” tambah Rektor.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan diskusi dengan media terkait berbagai isu, program kerja, dan masukan-masukan untuk pengembangan Universitas Udayana ke depannya. Berbagai pertanyaan dan masukan dari media pun muncul, di antaranya pertanyaan tentang demo mahasiswa yang menuntut keringanan dan pembebasan uang kuliah tunggal (UKT) di masa pandemi. Pertanyaan ini di respon langsung oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Wiksuana, yang secara umum menyampaikan bahwa Unud pasti akan memperjuangkan kebijakan terbaik bagi mahasiswa berkaitan dengan UKT di masa pandemi.

Namun, sebagai institusi negara, Unud pun harus mengikuti peraturan yang ditetapkan pemerintah dalam hal penggunaan anggaran negara. Pertanyaan lain yang muncul dari media, adalah tentang kesiapan Unud dalam menyelenggarakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang ditanggapi sekaligus oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Rai Maya Temaja, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ngakan Suardana.

Pertanyaan menarik muncul dari media, tentang banyaknya aset Unud yang diklaim oleh oknum masyarakat, dan Unud mengalami kekalahan pada proses hukum dari gugatan tersebut. Media mengkhawatirkan ke depannya Unud akan semakin banyak kehilangan aset, jika kondisi ini terus terjadi. Pertanyaan ini ditanggapi oleh Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara, dengan menyampaikan bahwa seluruh aset Unud adalah milik negara. Kekalahan Unud pada proses gugatan hukum, ditindaklanjuti oleh negara melalui proses hukum bersama Kementerian Keuangan, yang pada akhirnya dimenangkan oleh Kementerian Keuangan selaku pemilik sah aset Unud.

Terkait beberapa program studi yang menjadi kebutuhan masyarakat di Bali, namun belum terakomodasi oleh Unud, Rektor menyampaikan saat ini beberapa program studi baru sedang dalam proses pengajuan dan segera akan dibuka di Unud. Rektor pun akan memberikan biaya kuliah (UKT) khusus kepada jurnalis yang berminat melanjutkan kuliah di Unud.

Serangkaian Dies Natalis ke-59 Universitas Udayana, panitia Dr.dr. I Putu Eka Widyadharma menjelaskan berbagai kegiatan dilaksanakan meliputi Napak Tilas, Bakti Sosial, Donor Darah dan Plasma Konvalesen, Webinar Nasional, dan berbagai perlombaan.

Puncak kegiatan pada tanggal 29 September 2021 yang akan berlangsung secara hybrid, dimana titik lokasi utama berlokasi di Gedung Agrokomplek Kampus Denpasar. Acara puncak Dies Natalis ke-59 diawali dengan Sidang Terbuka Senat Universitas Udayana, Laporan Rektor, Orasi Ilmiah oleh Menko Polhukam RI, Prof. Dr. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P, penyerahan Udayana Award, dan dilanjutkan dengan acara Kekeluargaan yang antara lain diisi dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan penghargaan.(ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: