Masih Remaja, Apa Bisa Terserang Asam Urat?

(Baliekbis.com), Penyakit asam urat merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, serta sensasi rasa terbakar di area persendian. Penyakit ini umum menyerang persendian area jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki, serta lutut. Bahayanya, penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang tua saja, asam urat juga menyerang di usia muda. Apa penyebabnya?

Belakangan ini penyakit asam urat kerap dialami oleh usia muda. Asam urat sendiri sebenarnya adalah hasil akhir metabolisme makanan yang akan diolah menjadi urine. Ketika kadarnya terlalu tinggi, hal tersebut menandakan kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan terhambatnya pembuangan. Akibatnya, tubuh terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi batas normal.

Asam urat di usia remaja menandakan jika pengidap terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Saat zat tersebut dicerna oleh tubuh, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Jadi, ketika kamu mengonsumsi makanan dengan purin tinggi, maka otomatis kadar asam urat dalam tubuh akan menyeimbangi.

Penyakit asam urat akan dengan mudah menyerang pada orang-orang yang mengidap obesitas, diabetes, hipertensi, serta penyakit ginjal. Bagi kamu yang telah memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya hindari sejumlah makanan seperi berikut ini: soda dan daging.

Selain menghindari berbagai jenis makanan tersebut, asam urat di usia muda dapat dihindari dengan selalu menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, banyak konsumsi air putih, kelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga. Ketika pola hidup sehat telah dilakukan, kamu tidak hanya terhindar dari penyakit asam urat saja, tapi juga penyakit lainnya yang berpotensi untuk membahayakan kesehatanmu. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: