Mantra-Kerta: Regulasi Khusus Angkat Daya Saing Produk Lokal

(Baliekbis.com), Calon Gubenur dan Wakil Gubernur Bali  dari Paslon No. 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya dan Ketut Sudikerta sangat tertarik melihat berbagai macam jenis hasil produksi keramik dalam kunjungannya ke Pusat Keramik “Tanteri’s Ceramics” di Pejaten, Kediri, Tabanan, Jumat (9/3).

Dalam bincang-bincang dengan seluruh pekerja dan juga pemilik Tanteri’s Ceramics Putu Oka Mahendra dijelaskan bahwa produksi keramik Pejaten mampu menembus pasar keramik internasional. Produk Tanteri’s Ceramics sendiri telah melalui proses kontrol dan telah mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Rai Mantra menyatakan bahwa pemerintah akan mendukung produk kerakyatan lokal dengan mengeluarkan regulasi khusus yang mengatur penggunaan produk lokal, dengan syarat produk lokal tersebut memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Melalui regulasi khusus yang dikeluarkan, Rai Mantra yakin produk lokal akan dapat bersaing bukan hanya dipasar lokal namun hingga ke pasar internasional.

Rai Mantra menegaskan, industri kerajinan keramik menjadi salah satu kegiatan pendukung pembangunan ekonomi kerakyatan. Bahkan industri kerajinan keramik telah menjadi salah satu bagian dari program pariwisata Bali, sebagaimana saat ini Tanteris Ceramics juga memiliki Museum Keramik yang menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

Di sisi lain, Sudikerta menambahkan bahwa sebagai bagian program Nawacandra, Pasangan Calon No. 2, Rai Mantra dan Sudikerta akan menciptakan program-program ekonomi kerakyatan dengan tetap melihat kepada potensi masyarakat dan daerah dengan berbasiskan kepada partisipasi aktif masyarakat. (nwm)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.