Malut Rawan Masuknya Sindikat Internasional, Kadiv Keimigrasian Perkuat Kerja Sama dengan BNNP

(Baliekbis.com),Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara yang berlangsung di Grand Dafam Hotel, Ternate, Rabu (26/06/2019). Peringatan mengambil tema ”Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas”.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Maluku Utara Heru Tjondro mengatakan peredaran narkotika termasuk kejahatan luar biasa (extraordinary crime) memiliki kaitan erat dengan kejahatan lintas negara terutama oleh orang asing dari luar negeri.

Oleh karena itu pencegahan dan pemberantasan Narkotika merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk instansi pemerintahan. Pasal 1 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian menyebutkan bahwa fungsi keimigrasian terdiri dari pelayanan keimigrasian, penegakan hukum, keamanan Negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga kerja sama dengan BNNP Malut menjadi sangat penting guna membangun sinergitas dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkotika terutama bagi orang asing dari luar Negeri,” ujar Heru Tjondro di sela-sela acara peringatan HANI 2019.

Heru Tjondro melanjutkan, efek yang timbul dari peredaran narkotika dapat berdampak negatif kepada masyarakat terutama generasi muda Indonesia yang akan memasuki era bonus demografi. Di mana generasi usia produktif akan menjadi motor penggerak pembangunan kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Di sisi lain Maluku Utara termasuk daerah yang rawan masuknya sindikat internasional terutama orang asing melalui jalur-jalur ilegal. Sehingga perlu dilakukan penguatan kerja sama di antara seluruh instansi pemerintah dan pihak-pihak terkait termasuk masyarakat.

“Dalam melaksanakan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dan pengawasan kepada orang asing, kita harus memastikan bahwa seluruh petugas dan pejabat harus bebas dari zat terlarang seperti narkotika,” tambah mantan Konsul Imigrasi KJRI Sydney tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNNP Maluku Utara, Brigjen Pol. Edi Swasono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja sama seluruh pihak termasuk dari Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Malut sebagai bentuk komitmen perang melawan narkotika.

Turut hadir dalam acara Peringatan HANI 2019 yakni Gubernur Provinsi Maluku Utara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), perwakilan siswa sekolah menengah, mahasiswa, komunitas, LSM, Media, pihak Kesultanan dan unsur terkait lainnya termasuk masyarakat. (udi)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: