Maksimalkan Pemberdayaan Tanah Laba Pura Alas Arum Batur, Anggota Komisi IV DPR RI Bantu Ribuan Bibit Tanaman Unggul

(Baliekbis.com),Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Pertanian, AAB Adhi Mahendra Putra menyerahkan bantuan ribuan bibit tanaman buah-buahan unggul, tanaman kehutanan serta UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) kepada krama Pura Alas Arum Batur, Kintamani.

“Saat tatap muka serangkaian penyerapan aspirasi, krama penyungsung Pura Alas Arum mengatakan keinginannya untuk mengembangkan perkebunan buah-buahan di tanah laba pura yang luas ini,” ungkap politisi Partai Golkar yang akrab disapa Gus Adhi, Minggu (8/3/2020) saat hadir di sela-sela kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan Tim Medis Amatra kepada krama Pura Alas Arum yang tengah melaksanakan Karya Pujawali.

Pura Alas Arum memiliki tanah laba seluas 3 hektar yang selama ini belum dikelola secara maksimal. Untuk wujudkan harapan krama, sejalan dengan konsep Tri Hita Karana, pihaknya memberi bantuan berupa bibit buah unggul seperti mangga, alpukat, sirsak dan jambu kristal yang cocok dikembangkan di kawasan tersebut.

Selain itu juga diserahkan bantuan tanaman kehutanan seperti albesia dan ampupu sebanyak 20 ribu pohon untuk ditanam di lahan warga. “Kita berharap melalui upaya ini bisa meningkatkan fungsi tanah seperti penyerapan air menjadi lebih maksimal,” jelas Gus Adhi.

Agar tanaman yang dikembangkan masyarakat bisa semakin produktif, pihaknya juga memberi dukungan berupa Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) di antaranya berupa peralatan pengolahan pupuk, motor tiga roda serta sepuluh ekor sapi dilengkapi kandang yang seluruhnya bernilai Rp200 juta.

Gus Adhi berharap nantinya dengan upaya pengembangan tersebut, perkebunan yang diusahakan kelompok tani ini bisa berproduksi lebih maksimal untuk meningkatkan pendapatan petani.

Dalam tatap muka dengan warga, Gus Adhi yang kini duduk di Senayan untuk periode kedua, juga menjelaskan terkait masalah virus Corona yang kini merambah sejumlah negara. “Tak perlu khawatir dengan virus ini, yang penting kita menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan baik,” jelasnya.

Melalui bhakti sosial kesehatan yang digelar Tim Medis Amatra diharapkan daya tahan dan kesehatan warga bisa semakin meningkat. “Kepada tim medis, saya juga minta agar warga diberi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terkena penyakit,” imbuhnya. Gus Adhi juga memuji warga yang dilihatnya tak ada memakai masker. Sebab sejatinya masker itu berguna bagi warga yang mengalami gangguan penyakit seperti flu, batuk, dll.

Dalam bhakti sosial kesehatan itu, Tim Medis Amatra yang dikoordinir dr. A.A. Liliana Mahendra Putri melibatkan empat dokter dan empat paramedis serta sejumlah relawan “ngayah” memberikan pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis kepada krama yang tengah melaksanakan Karya Pujawali di Pura Alas Arum. “Pada umumnya krama mengalami gangguan pernafasan dan sejumlah penyakit lainnya,” ujar Panitia Karya Pujawali Nengah Armida di sela-sela acara pengobatan tersebut.

Karya Pujawali di Pura Alas Arum Batur Kintamani menurut Nengah Armida sudah dimulai sejak 16 Pebruari 2020 yakni pada Redite Paing Dunggulan dengan nuasen karya rompok/tetaring. Puncak karya jatuh pada tanggal 11 Maret (Buda Umanis Medangsia) dan Ida Bathara Mesineb pada tanggal 17 Maret (Anggara Paing Pujut). Dijelaskan Pura Alas Arum Batur disungsung sekitar 900 KK. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: