Mako Lanal Denpasar “Pelaspas” Gedung Baru

(Baliekbis.com), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar melaksanakan Upacara “melaspas” bangunan Mako Lanal Denpasar yang telah selesai pembangunannya.

Upacara “melaspas” dan “pecaruan” dipuput oleh pendeta Hindu Jero Mangku Wayan Eka Setiawan dari Yayasan Gases Sesetan, yang dihadiri seluruh umat Hindu Lanal Denpasar, Senin (27/9/2021).

Upacara tersebut bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan bangunan secara niskala sebelum digunakan atau ditempati.

Upacara ini termasuk Upacara Dewa Yadnya dan Butha Yadnya. Upacara adat melaspas ini biasa dilaksanakan untuk setiap bangunan yang baru selesai dibangun dengan didahului pelaksanaan Upacara Mecaru (korban suci untuk para Butha) dengan maksud untuk menyucikan bangunan dengan harapan dapat menjadi lebih kokoh, nyaman bagi penghuninya.

“Upacara mecaru ini bertujuan untuk menyatukan bahan bahan bangunan sehingga menjadi sebuah bangunan gedung atau rumah, disinilah bahan-bahan bangunan itu di urip (dihidupkan) tidak lagi namanya kayu, besi, pasir kesemuanya bersatu menjadi sebuah bangunan/gedung/rumah,” jelas Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., yang mengikuti prosesi upacara agama tersebut bersama – sama warga Hindu Lanal Denpasar.

Untuk tahapan terakhir dalam rangkaian prosesi adat tersebut dilanjutkan dengan melaksanakan doa persembahyangan bersama oleh umat Hindu Lanal Denpasar yang diikuti langsung oleh Komandan Lanal Denpasar beserta Ibu, disaksikan oleh warga muslim Lanal Denpasar, yang sebelumnya seluruh warga muslin Lanal Denpasar juga telah menggelar doa bersama atas rampungnya pembangunan gedung baru di Lanal Denpasar.

Setelah doa dan persembahyangan kemudian dilanjutkan acara penanaman “caru” di halaman gedung baru oleh Danlanal Denpasar disaksikan oleh Perwira Staf dan warga Lanal Denpasar tujuannya adalah sebagai penolak/penangkal unsur-unsur kekuatan negatif. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: