Majukan Bali, PSR: Maksimalkan Lima Peran Utama Karang Taruna

(Bakiekbis.com),Ketua Karang Taruna Provinsi Bali Putu Supadma Rudana (PSR) mengatakan Karang Taruna memiliki lima peran utama, yakni membantu menangani masalah sosial, melestarikan seni budaya, bangun pariwisata, ekonomi kreatif dan juga berperan dalam politik.

“Untuk itu saya mengajak agar kelima peran ini bisa dimaksimalkan Karang Taruna dengan spirit kemandirian,” tandas politisi asal Desa Peliatan, Ubud, Gianyar yang kembali tampil sebagai calon anggota DPR RI Dapil Bali dari Partai Demokrat itu di sela-sela Dharma Shanti Penyepian (DSP) Tahun Caka 1941 yang dipusatkan di Aula Utama Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Jumat (22/3/2019) malam.

Serangkaian Dharma Shanti Penyepian, juga diluncurkan aplikasi e-Karang Taruna. Aplikasi ini diharapkan menjadi sarana pendataan keanggotaan Karang Taruna se-Bali, sehingga ada database yang valid.  Dengan mengusung tema “Pembangunan Sumber Daya Karang Taruna dalam Era Milenial”, kegiatan Dharma Shanti Penyepian ini disambut antusias.

“Dharma Shanti Penyepian yang pertama kali ini digelar Karang Taruna ini sungguh monumental, karena belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata Supadma Rudana (PSR).

Menurut PSR, acara ini semakin meneguhkan eksistensi pengabdian Karang Taruna ngayah untuk Bali, tidak hanya dalam konteks membantu penanganan masalah sosial tetapi juga mewujudkan kedamaian dan kesejukan Bali di tengah-tengah dinamika politik saat ini.

“Kita ingin memberi kontribusi pemaknaan Hari Raya Nyepi. Maka Karang Taruna harus ikut hadir memberikan kontribusi kedamaian, keteduhan di tengah masyarakat,” tegas anggota Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, perpustakaan, pariwisata dan ekonomi kreatif itu.

Ia pun mengajak Karang Taruna untuk semakin membangun kemandirian dalam menjalankan perannya. “Yang penting ke depan adalah kemandirian Karang Taruna agar bisa menjadi pilar dalam kemajuan Bali,” tandas PSR, yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat. (smc)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: