LPJ Tahun Buku 2019, LPD Nyuhtebel Untung Rp1Miliar

(Baliekbis.com),LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) tahun buku 2019 LPD Nyuhtebel di Kecamatan Manggis meraih untung Rp 1 miliar. Pada acara yang berlangsung, Senin (24/2) di Bale Banjar Tauman Nyuhtebel tersebut, juga diserahkan dana pembangunan Rp 200 juta, dana motivasi ke STT serta banjar.

Pemucuk LPD Desa Adat Nyuhtebel, I Kadek Tirta mengatakan laba 2 tahun terakhir meningkat. Tahun 2018 mencapai Rp 902,1 juta dan tahun 2019 jadi Rp1 miliar, naik 10% lebih. Dana pembangunan tahun 2018 Rp180 juta sedangkan tahun 2019 meningkat Rp 200 lebih. LPD Nyuhtebel juga menyalurkan dana sosial dalam bentuk dana motivasi kepada sekaa teruna teruni masing-masing banjar dan menyerahkan dana punia pada karya desa adat pada Juli 2020 termasuk pemangku, pecalang serta organisasi di desa adat, sebagai bentuk perhatian LPD.

Lebih lanjut Tirta juga memaparkan aset LPD tahun 2019 mencapai Rp31,8 miliar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 20 persen dari tahun sebelumnya (2018) yang mencapai Rp 29,7 miliar. Kepemilikan aset didukung oleh dana pihak ketiga (DPK) berupa tabungan dan deposito yang mampu dihimpun LPD Nyuhtebel hingga akhir tahun 2019 Rp 26 miliar. Sedangkan Kredit yang tersalur Rp 23,2 miliar dengan jumlah penabung 2.606 orang yang tersebar di tiga banjar adat.

Meski pertumbuhan secara umum sangat positif, namun masih banyak hal yang harus diperbaiki. Di antaranya kualitas produk. “Debitur kita masih banyak yang belum paham 100 persen arti kewajiban yang harus dilakukan terkait dengan apa yang diterima, fasilitas kredit misalnya. Ini yang kita harapkan kepada masyarakat untuk lebih optimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Nyuhtebel, I Ketut Mudra, mengatakan sangat mengapresiasi serta bangga atas kontribusi LPD Desa Adat Nyuhtebel sangat besar kepada desa adat dan masyarakat. Pihaknya juga memanfaatkan dana yang diberikan oleh LPD untuk pelaksanaan kegiatan Tri Hita Karana mulai dari parhyangan (piodalan di Pura Kahyangan Tiga), pawongan dari dana sosial LPD yang membantu berbagai kegiatan sekaa teruna, banjar hingga punia kepada pemangku.

Sementara itu, Made Mastiawan, selaku Ketua BKS LPD Kabupaten Karangasem juga mengapresiasi positif atas pelaksanaan LPJ tahun buku 2019. Hal senada disampaikan I Nyoman Sedana Ariana, selaku Koordinator LPLPD Kabupaten Karangsem menyambut baik adanya pelaksanaan LPJ karena ini telah sesuai dengan Perda LPd tahun 2017, dari segi kesehatan di mana LPD Nyuhtebel berkategori sehat dengan nilai 82,95%. Di Kecamatan Manggis, LPD Nyuhtebel menduduki peringkat ke-4 besar dari 19 LPD. Sedangkan di kabupaten Karangasem menduduki peringkat ke-16 besar dari 190 LPD. (yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: