LPD Percerpat Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

(Baliekbis.com), Ratusan masyarakat Desa Pakraman Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan tumpah ruah dan antusias mengikuti jalan sehat serangkaian menyambut HUT LPD Desa Pakraman Pemogan ke-27. Kegiatan ini di buka langsung oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di dampingi Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha, Perbekel Pemogan, Nyoman Wiryanata, serta tokoh masyarakat setempat yang ditandai dengan pelepasan balon serta pengibasan bendera start, Minggu (28/10) di kawasan Gelogor Carik

Keberadaan LPD agar selalu dapat dimanfaakan  untuk kepentingan masyarakat dengan selalu berpartisipasi terhadap pembangunan yang berdasarkan konsep Tri Hita Karana yakni palemahan, pawongan dan prahyangan yang harus dikaji dengan baik. LPD agar dimanfaatkan sebagai pusat informasi usaha strategis dan produktifitas masyarakat yang berorientasi pada percepatan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan kemajuan usaha kecil yang dibiayai dari pinjaman LPD akan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dan mempercepat pertumbuhan pembangunan desa itu sendiri serta pengembangan budaya dan adat istiadatnya. “Sejak dicetuskan pendirian LPD 30 Tahun yang lalu telah banyak mengalami peningkatan yang signifikan melalui kinerja pengelola LPD disamping peran masyarakat yang luar biasa dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di desa pakraman sangatlah terbantu dengan adanya LPD tersebut,” pungkas Rai Mantra.

Ketua LPD Desa Pakraman Pemogan, I Wayan Mendra Putra mengatakan inti dari kegiatan ini adalah dari masyarakat kembali untuk masyarakat, dimana jumlah anggota dari LPD  saat ini mencapai 6000 orang dengan aset yang dimiliki mencapai Rp 107 Millyar. Kemudian untuk kegiatan jalan santai ini mengambil rute start dari Glogor Carik ke selatan kemudian belok kiri menuju Glogor Indah tembus Taman Pancing lalu belok kiri sampai ke jalan Pulau Galang belok kiri dan finish kembali ke tempat ini. Adapun door price yang di sediakan panitia cukup banyak seperti tv, kulkas magic jar, serta hadiah utama berupa tabungan dan sepeda motor. “Semoga kedepannya LPD kita ini semakin hari semakin maju dan masyarakat semakin percaya dengan keberadaan LPD Desa Pakraman,” kata Mendra.

Sementara Bendesa Desa Pakraman Pemogan, AA Arya Ardana mengatakan sejauh ini peran LPD ke masyarakat sangatlah bagus, karena LPD ini adalah badan usaha milik desa dimana keuntungan yang didapatkan dikembalikan lagi ke masyarakat. Pihaknya bersandar pada konsep Tri Hita Karana yakni pawongan, palemahan dan parahyangan yang semuanya kebutuhan baik itu pada masyarakat, kegiatan upacara agama di pura hingga kreativitas anak muda setiap tahunnya di bantu oleh LPD.  “Kedepannya LPD diharapkan tetap eksis ditengah persaingan yang ketat saat ini serta selalu tetap melangkul masyarakat desa dalam membangun desanya,” kata Ardana. (ngr)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: