LPD Peliatan Ubud Gencarkan Bebas Sampah Plastik Tahun 2019

LPD Peliatan Ubud Gencarkan Bebas Sampah Plastik Tahun 2019

(Baliekbis.com),LPD Peliatan kembali melaksanakan jalan sehat di awal tahun 2019 yang dirangkai dengan laporan pertanggungjawaban tahun buku 2018. Gerak jalan bertempat di depan kantor LPD Peliatan pada Minggu (13/1) ini juga dalam rangka menuju Desa Peliatan di tahun 2019 bebas dari sampah plastik.

Ketua LPD Peliatan Ir. Ni Putu Puspadi, di sela-sela acara mengungkapkan jalan sehat yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin setiap tahun di mana dengan tujuan membiasakan diri untuk hidup sehat di samping sebagai ajang promosi LPD Peliatan kepada masyarakat
Peliatan yang selama ini telah memberikan kepercayaan terhadap dananya dikelola di LPD. “Di tahun 2019 LPD Peliatan juga berkomitmen agar Desa Peliatan bebas dari sampah plastik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Puspadi menamabhkan di samping jalan sehat LPD pihaknya juga melaksanakan laporan pertanggungjawaban LPd tahun buku 2018 serta Gebyar LPD yang mana tahun ini disediakan hadiah utama 2 unit sepeda motor dan puluhan doorprize. Hal itu sebagai apresiasi LPD terhadap nasabah serta masyarakat atas partisipasinya.

Disinggung perkembangan aset LPD, dijelaskan tahun 2017 mencapai Rp 214,1 miliar, sedangkan hingga akhir tahun 2018 naik menjadi Rp 259,7 miliar. Demikian juga dari perolehan laba LPD, di mana tahun 2017 mencapai Rp 5,3 miliar dan tahun 2018 naik menjadi Rp 5,4 miliar. Di samping itu pula untuk dana pembangunn, LPD rutin memberikan setiap tahunnya sebesar 20% dari laba. Tahun 2017 sebesar Rp 1,08 miliar dan meningkat tahun 2018 ini.

Modal LPd hingga akhir tahun 2018 telah mencapai Rp 24 miliar lebih di samping itu pula, jika digabungkan dana pembangunan dari tahun 1996 sampai tahun 2018 sudah mencapai Rp 8,1 miliar yang mana dana tersebut diperuntukan bagi kepentingan desa adat khususnya di Pura Kahyangan Tiga, imbuhnya.

Puspadi juga sangat mengapresiasi atas kerjasama, kepercayaan seluruh masyarakat Peliatan terhadap LPD, para prajuru, bendesa adat serta badan pengawas yang selama ini telah banyak membantu ikut membuat LPD Peliatan tetap berkembang dengan sangat positif.

Sementara itu Bendesa Adat Peliatan, I Ketut Sandi sangat mengapresiasi serta bangga dengan kinerja pengurus LPD di mana sudah bisa memberikan yang terbaik buat kemajuan LPD serta menjaga tetap ajegnya Desa Adat Peliatan. Dan yang lebih penting melalui dana pembangunan yang rutin diberikan akan berimbas terhadap kemajuan desa adat serta krama Peliatan akan semakin sejahtera. Sandi juga menambahkan untuk dana sosial sebesar 5% yang juga di berikan LPD, dibagi menjadi 2 yakni d
2,5% dikelola oleh Desa Adat, sedangkan 2,5% lagi dikelola di LPD.

“Dana 2,5% yang dikelola oleh desa adat kita peruntukkan bagi kelancaran upacara di Desa Pakraman Peliatan,” jelasnya. Oleh karena itu ke depannya, Sandi berharap kepercayaan sudah masyarakat kepada LPD dapat terus dipertahankan dan kepada masyarakat Peliatan diharap untuk tidak ragu dan takut dalam menempatkan dana di LPD. Sehingga kehadiran LPD akan memberikan asas yang lebih besar terhadap kemajuan desa adat serta kesejahteraan masyarakat pungkasnya.

Sementara itu, I Made Dwi Sutaryanto, selaku Kepala Desa Peliatan mengungkapkan sangat mengapresiasi serta begitu bangga dengan kontribusi LPD Peliatan terhadap Desa Adat baik dalam menjaga lancarnya pembangunan dan upacara khususnya di Pura Kahyangan Tiga. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *