LPD Jehem Rayakan HUT 30 Tahun Berdiri, Asetnya Melonjak Rp29 Miliar

(Baliekbis.com),Untuk yang petama kalinya selama 30 tahun hadirnya Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Jehem bisa merayakan HUT yang dirangkai dengan Gebyar LPD yang berlangsung sangat meriah dengan dihadiri orang nomor satu di Bangli Made Gianyar.

Pada acara yang berlangsung Selasa (14/1/2020) bertempat di Bale Banjar Jehem Kaja Tembuku
disiapkan 6 hadiah utama dan 10 hadiah hiburan juga diisi dengan LPJ tahun buku 2019 di mana hingga akhir Desember aset LPD Jehem tembus Rp29 miliar lebih. Hadir dalam acara gebyar HUT LPD ini I Made Gianyar, selaku Bupati Bangli, Kabag Ekonomi Bangli I Gusti Ngurah Sandinata yang juga selaku Koordinator LPLPD Bangli serta masyarakat Jehem.

Bupati Bangli I Made Gianyar sangat mengapresiasi pelaksaan HUT LPD yang telah berdiri selama 30 tahun. Selaku pemerintah daerah pihaknya bangga atas kinerja LPD Jehem yang terus tumbu positif. Diharapkan apa yang dicapai ini dapat ditiru LPD lainnya khususnya di Kabupaten Bangli. Apalagi LPD Jehem masuk katagori LPD terbaik di Kecamatan Tembuku yang memiliki 36 LPD. LPD Jehem masuk peringkat nomor dua baik dari segi aset maupun laba. Ini tentunya prestasi sekaligus kebanggaan buat LPD maupun pemerintah. Bupati berharap kinerja ini dapat terus dipertahankan sehingga makin maju ke depannya.

Kepala LPD Jehem I Nyoman Dacin,SH,MH, di sela-sela acara, mengatakan gebyar ini memang baru pertama kalinya dilaksanakan selama 30 tahun ini. Tujuannya untuk lebih memotivasi agar partisipasi masyarakat Jehem semakin meningkat dalam memantapkan program-program unggulan di LPD. “LPD Jehem juga sudah memiliki gedung baru yang lebih representatif sehingga menambah gairah kita dalam membuat acara gebyar,” ucapnya,

Di usia LPD Jehem yang ke-30 tahun ada banyak manfaat yang sudah dilakukan baik ke desa adat maupun masyarakat. LPD telah membagikan 600 paket sembako kepada 600 KK krama adat terdiri dari beras, gula,dan minyak goreng. Juga dilaksanakan Kejuaraan Bola Voli dan Futsal antar tempekan dengan hadiah berupa uang tunai serta piagam.

Dacin menambahkan aset LPD Jehem saat ini mencapai Rp29 miliar, naik dibandingkan tahun 2018 yang mencapai Rp 25,6 miliar, ada peningkatan 13,5%. Laba LPD tahun 2019 Rp1 miliar, sedangkan tahun 2018 sebear Rp907 juta (naik 10,2%). Dari laba tersebut, setiap tahunnya di mana tahun 2019 disisihkan dana pembangunan kepada desa adat sebesar Rp 200 juta. Modal LPD Jehem hingga Desember mencapai Rp 4,5 miliar.

LPD juga memberikan krama kelender, punia di setiap ada piodalan di Pura Kahyangan Tiga. Drs. I Made Puasa selaku Bendesa Adat Jehem sangat mengapresiasi pelaksanaan gebyar serta HUT LPD. Ia mengaku bangga atas kinerja para pengurus yang terus meningkat. (yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: