LPD Antugan akan Bangun Gedung Baru, Dianggarkan Rp750 Juta

(Baliekbis.com),LPD Desa Adat Antugan di Kecamatan Tembuku berencana membangun gedung baru tahun 2020 ini dengan anggaran Rp 750 juta.

Pemucuk LPD Antugan I Wayan Lendra mengungkapkan pertimbangan membangun gedung baru mengingat gedung yang lama sudah kurang memadai di samping fasilitas gedung juga minim. “Apalagi jumlah pegawai sudah ada 6 orang. Kita sudah menggelar rapat intern dengan prajuru apakah pindah atau kantor lama kita perbaiki. Yang jelas kita berharap pada seluruh masyarakat Antugan agar mendukung rencana kita membangun gedung baru,” ucapnya, Kamis (16/1/2020).

Lebih lanjut Lendra menambahkan selama 18 tahun kehadiran LPD Antugan telah bisa berkontribusi secara langsung ke krama seperti pemberian dana duka setiap ada krama yang meninggal, juga perhatian pada pemangku di pura Kahyangan Tiga berupa uang tunai senilai Rp 5 juta sebagai dana duka.

“Kita juga berkontribusi pada saat ada ngaben massal yang digelar 4 tahun sekali dengan kita berikan jatu Rp 3 juta. Setiap piodalan di Pura Kahyangan Tiga juga memberikan daging babi seharga Rp 3 juta. Dalam waktu setahun kita berikan 3 kali. Khusus tahun 2020, LPD menaikkan lagi kontribusi ke desa adat daging babi 6 ekor ke pura dengan nilai setahunya Rp 18 juta. Pemberian itu kita berikan di luar dana pembangunan yang juga rutin ke desa adat,” jelasnya.
Semua kontribusi yang diberikan ke Desa Adat Antugan bertujuan lebih meringankan beban desa adat serta krama Antugan.

Dijelaskan aset LPD hingga akhir tahun 2019 mencapai Rp11,4 miliar dengan laba Rp 305 juta. Sedangkan dana pembangunan yang diserahkan ke desa adat tahun 2019 sebesar Rp 61 juta. Tahun 2020, LPD berencana membuat gebyar intern di LPD Antugan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat serta para nasabah.

Untuk itu Lendra berharap pada seluruh masyarakat Antugan agar memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dana di LPD. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada bendesa adat dalam hal pengawasan LPD yang selama ini berjalan sangat harmonis.

Ke depannya ia berharap kerja sama yang sudah berjalan dapat terus terjalin sehingga nanti dengan dukungan seluruh masyarakat Antugan gedung dapat terwujud di tahun 2020 ini.

I Wayan Sudirga selaku Bendesa Adat Antugan menyambut baik serta mendukung LPD akan membangun gedung baru di tahun 2020 ini dan berharap juga dukungan masyarakat Antugan agar gedung baru bisa terwujud. “Kita selaku bendesa adat sangat mengapresiasi kinerja pengurus LPD yang selama 18 tahun bisa terus tumbuh dan berkembang,” tandasnya.(yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: