Libatkan Konjen di Bali, Unud Gelar 1st Internasional Education and Culture Festival

(Baliekbis.com), Universitas Udayana melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar Internasional Education and Culture Festival yang dilaksanakan di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Sabtu (27/11/2021).

Internasional Education and Culture Festival yang untuk kali pertama ini digelar selama dua hari yaitu 27 dan 28 November 2021, dimana pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini melibatkan peserta dari negara yang memiliki Konsulat Jenderal berkantor di Bali yaitu Jepang, China, Korea, Timor Leste, Perancis, India, Inggris, dan Australia. Selain pertunjukan seni negara, juga menyuguhkan makan khas negara masing-masing serta juga digelar pameran berupa buku dan budaya.

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.IPU menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan para Konjen beberapa waktu lalu di Westin yang bertujuan untuk menjalin kerja sama yang lebih erat lagi dengan Universitas Udayana.

“Di samping itu, dalam kegiatan ini diharapkan melalui kebudayaan kita akan bekerja sama yang lebih luas lagi.
Kegiatan ini juga sekaligus untuk mendukung, dan mudah-mudahan pariwisata Bali juga akan terdampak dengan adanya kegiatan internal semacam ini,” ujar Prof. Antara.

Prof. Antara juga mengatakan adanya sajian kuliner khas negara masing-masing agar memberi kesan tersendiri yang menjadi satu-kesatuan sehingga nanti partnership kemitraan akan lebih kental lagi.

Pihaknya berharap pada tahun-tahun berikutnya bisa menampilkan mahasiswa internasional secara langsung. Karena Universitas Udayana memiliki jumlah mahasiswa internasional yang paling banyak di Indonesia.

“Kita akan tingkatkan lagi tahun-tahun berikutnya sehingga nanti banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk melakukan pendidikan di Universitas Udayana yang berkaitan dengan seni budaya, teknologi dan lain sebagainya. Kita harapkan tahun-tahun berikutnya menjadi event tahunan yang lebih baik lagi, lebih lengkap dan dengan jumlah partisipan yang lebih diperluas,” tambahnya.

Koordinator Kantor Urusan International Universitas Udayana Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST, MT, M.Eng mengatakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini bertujuan untuk meningkatkan partnership antara Indonesia dengan beberapa negara yang sudah punya kerjasama.

Melalui kegiatan ini diharapkan meningkatkan lagi kerjasama yang sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19.

Pihaknya berharap melalui pameran pendidikan ini, promosi pendidikan yang ada di masing-masing negara dan juga di Unud sehingga akan lebih banyak lagi mahasiswa Unud yang bisa mengikuti studi ke luar maupun mahasiswa dari luar datang mengikuti pendidikan di Universitas Udayana.

“Semoga tahun depan sudah mulai bisa mendatangkan lagi mahasiswa asing dan kegiatan seperti ini bisa berlangsung setiap tahun serta semakin banyak lagi Konsulat Jenderal yang bekerja sama dengan Unud,” ujarnya.

Konjen Jepang Katsumata Harumi yang berkesempatan diwawancarai media mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya banyak manfaat yang bisa diambil yaitu tentang pendidikan dan budaya serta perlu dilaksanakan di masa mendatang untuk meningkatkan kerja sama yang baik ini. (ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.