Launching Ruang Terbuka Hijau “Rawatlah Aku” di Toboko

(Baliekbis.com),Ruang Terbuka Hijau semakin menarik di Kelurahan Toboko pantai Koto Ternate Selatan, karena dilengkapi dengan nama-nama jenis pohon yang bertulisan “Rawatlah Aku”.

Inovasi dan terobosan baru ini dilakukan Yerrie Pasilia yang juga sebagai salah satu peserta Reformer Diklat Pim III angkatan 3 BPSDM Provinsi Maluku.

Selain mencantumkan nama jenis pohon, ia juga telah membentuk Relawan Ruang Terbuka Hijau. Pembentukan relawan itu, mendapatkan apresiasi dari warga setempat terutama Wakil Walikota Ternate Abdullah Taher yang juga turut menghadiri acara penanaman pohon.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Abdullah Taher menjelaskan, Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan ruang yang diamanatkan, bahwa setiap wilayah kota harus menyediakan ruang terbuka hijau setidaknya 20 %, wilayahnya terbangun lebih bersifat terbuka sebagai tempat tumbuhnya tanaman, baik secara alamiah, terutama perlu diperhitungkan dalam setiap perencanaan kota.

“Pemerintah Kota Ternate masih terus mengejar luas ruang terbuka hijau sesuai dengan amanat undang undang. Beberapa taman yang saat ini sudah dibangun adalah perwujudan keberadaan ruang terbuka hijau kota yang akan terus dikembangkan luasannya. Saya sendiri sangat mendukung karena ini membantu pemerintah kota Ternate,” ujarnya, Minggu (25/8/2019).

Sementara itu Yerrie Pasilia, menambahkan pembentukan ruang ruang terbuka hijau di Kelurahan Toboko ini didukung oleh mereka yang juga memiliki niat yang baik secara ikhlas dan sukarela untuk bekerja.

“Saya ucapkan terima kasih buat warga dan relawan yang ikut membantu secara sukarela. Ke depannya agar tetap terus merawat dan menjaga pohon agar tumbuh dengan baik,” ungkap Yerrie Pasilia. Ruang terbuka hijau di pantai Koto ini diharapkan dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. (udi)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: