Kurangi Sampah Plastik, PLN Bersih-bersih di Kawasan Wisata Hutan Mangrove

(Baliekbis.com), PLN bersama karang taruna serta ratusan pelajar SMA, Jumat (8/2) pagi melakukan gerakan bersih-bersih sampah plastik di Kawasan Wisata Hutan Mangrove, Suwung Kauh, Pemogan, Kuta.

Kegiatan yang dikemas dalam acara “Save Mangrove from Plastic” melibatkan sekitar 400 peserta itu berhasil dikumpulkan cukup banyak sampah plastik yang kemudian diangkut truk ke TPA Suwung.

GM PLN Unit Induk Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa di sela-sela acara tersebut mengatakan banyak pelajar dan warga yang dilibatkan agar mereka melihat langsung dampak akibat sampah plastik. “Kami mengajak siswa untuk melihat bagaimana dampak sampah plastik yang dibuang sembarangan di hutan mangrove yang harusnya kita jaga karena ini akan sangat bermanfaat untuk untuk kehidupan kita, untuk kelestarian  lingkungan,” ujarnya.

Nyoman Suwarjoni Astawa.

Suwarjoni mengaku prihatin begitu banyaknya sampah plastik. Ke depan ia harap ada solusi mengatasi sampah plastik ini dan sumber sampah plastik itu bisa dikurangi. “Maret nanti akan ada diskusi dengan pemerhati lingkungan untuk mencari solusi mengatasi sampah plastik ini,” jelasnya.

Diakui, memang sulit bisa bebas dari sampah plastik. Tapi setidaknya, bisa dikurangi, dikumpulkan sehingga tak terbuang dan mengganggu lingkungan. Dalam meminimalisir penggunaan plastik, Suwarjoni menambahkan pihaknya juga akan menyumbangkan 3.000 stoples kaca sebagai pengganti plastik tempat tirta  bagi pemedek yang melakukan persembahyangan di Pura Besakih bertepatan upacara Panca Wali Krama.

Selain melakukan aksi bersih sampah plastik, Suwarjoni menjelaskan beberapa kegiatan di kantor yang menggunakan plastik mulai dikurangi melalui program Akustik (Ayo Kurangi Sampah Plastik), seperti karyawan membawa tempat minum yang tak menggunakan bahan plastik sekali pakai. “Hidangan untuk tamu juga sedapatnya tak memakai bahan plastik,” tambahnya.    

Apa yang dilakukan saat ini diakui Suwarjoni memang tidak ada artinya kalau melihat masih begitu banyak sampah plastik yang terbuang. Tapi setidaknya upaya ini dapat mengurangi sampah plastik. “Dan kami secara rutin, setiap Jumat juga melakukan kegiatan bersih-bersih sampah plastik ini,” jelasnya. (bas)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.