Kuliner Lokal Makin Diminati Wisatawan

(Baliekbis.com), Keberadaan kuliner lokal ke depan semakin strategis dalam dunia kepariwisataan di Bali. Bahkan tak sedikit turis yang datang ke daerah ini karena ingin mencicipi kekhasan kulinernya. “Banyak turis yang datang karena tertarik dengan kulinernya dan jumlahnya terus meningkat,” ujar Corporate FB Manager-AII I Made Sumardika di sela-sela press conference acara Archipelago Culinary Festival 2017” yang berlangsung di Aston Kuta Hotel & Residence, Sabtu (21/10). Dijelaskan Sumardika ada sejumlah alasan turis datang ke Bali. Selain faktor keindahan alam dan kekayaan budayanya, juga karena kulinernya. Kalau saat ini dominan turis mancanegara ke Bali karena tertarik dengan alam dan budayanya. Namun turis yang datang untuk menikmati kulinernya juga terus meningkat. “Ke depan peran kuliner tak bisa diabaikan dan akan semakin strategis posisinya,” tambah Sumardika. Ia menambahkan kuliner trasdisional Bali juga semakin digemari wisatawan.

I Made Sumardika.

Terkait Culinary Festival yang berlangsung untuk keenam kalinya dengan menggandeng ABI (Asosiasi Bartender Indonesia) dan IFBEC ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitas para chef dan bartender yang bertalenta dari 135 hotel di bawah manajemen Archipelago International. Mereka akan memperebutkan gelar terbaik di dalam tiga kategori yang berbeda, termasuk Kompetisi Memasak Black Box, Kreasi Koktail & Moktail, dan Kompetisi Konsep Food Truck. Kompetisi memasak Black Box akan memberikan setiap kontestan sebuah kotak yang berisi bahan-bahan yang sama. Tantangannya adalah untuk menghasilkan masakan yang lezat dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di datam kotak saja. Sedangkan Kreasi Koktail & Moktail adalah sarana spesial bagi para bartender untuk menguji kemampuan serta memperlihatkan keahlian dan bakat mereka dalam membuat ramuan koktail dan moktail. Dan pada kompetisi dengan konsep Food Truck merupakan tantangan terbaru yang secara khusus dibuat untuk acara tahun ini.

Terinspirasi dari perkembangan trend terbaru di dunia kuliner urban Indonesia, setiap kontestan akan menunjukkan talenta mereka dalam membuat kudapan atau makanan ala Food Truck terbaik dan paling kreatif yang dapat disajikan. Para juri yang ikut serta dalam kompetisi tahun ini termasuk di dalamnya level manajemen tertinggi di Archipelago International termasuk Chairman Charles Brookfield, CEO dan President John M. Flood, Vice President of Sales & Marketing Tenaiya Brookfield, Director of Operations Winston Hanes dan beberapa tamu spesial termasuk Made Kona, Adzan Tri Budiman, bersama dengan pakar gastronomi ternama, juri Master Chef dan Top Chef Indonesia Vindex Tengker. “Kami sangat tidak sabar untuk menyambut acara terbesar tahun ini dengan menampilkan bakat dan kreativitas dari para chef dan bartender kami. Setiap tahun, kualitas dan kreativitas makanan dan minuman yang ditampilkan tidak pernah gagal untuk membuat saya kagum. Berbagai pilihan menu yang ada di seluruh hotel kami lezat, tapi melalui kompetisi ini, kami memberi mereka kesempatan untuk membuat suatu kejutan,” ujar Director of Operations Archipelago International Winston Hanes. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: