Kuliner Denfes Layak Konsumsi

(Baliekbis.com), Puluhan stand kuliner di Denpasar Festival (Denfes) Ke-9 tidak saja hanya menyajikan makanan yang lezat dan memiliki nilai heritage, namun juga dilakukan pengawasan sebelum dan setelah melakukan penyajian makanan. Pengawasan akan kesehatan dan keamanan bagi konsumen dalam mengkonsumsi makanan di Denfes Pemkot Denpasar melibatkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Denpasar, pada Kamis (29/12) dengan mengambil sample belasan makanan dan minuman yang dilanjutkan dengan pengujian menggunakan mobil laboratorium keliling BPOM. Pihak panitia Denfes juga mewajibkan kepada para padagang kulier di Denfest untuk menghindari pemakaian sterofoam. Tempat penyajian makanan harus menggunakan kertas yang ramah lingkungan.
 “Seluruh makanan di stand kuliner Denfes layak konsumsi, dengan pengujian mengambil belasan sample yang telah kami lakukan,” ujar Kepala Seksi Sertivikasi Balai Besar Pom di Denpasar, Drs. I Wayan Bagiarta Negara, Aptm, MM yang mengkoordinir langsung kegiatan pengujian.  Sebelumnya juga kami telah dilibatkan dalam pengarahan kepada para pedagang kuliner yang akan mengikuti Denfes. Sehingga seluruh makan yang disajikan ini telah dilakukan pengujian terhadap borak, Rhodamin B, Methanil Yellow, formalin. Hal ini dari hasil uji laboratorium mobil keliling tidak ada mengandung bahan dan zat-zat berbahaya bagi kesehatan masayarakat. “Kami juga sempat memberikan pengarahan khusus kepada para pedagang agar semua makanan ynag dibuat menggunakan bahan food grade atau layak dimakan,” ujarnya.
Disamping melakukan pengawasan makanan, pihaknya juga melakukan edukasi kepada para pedagang kuliner di Denfes seperti cara penyajian makanan terkait hegienis dan sanitasi dari pedagang yang sebaiknya menggunakan pakaian kerja, seperti menggunakan penutup kepala, penutup mulut dan celemek. Disamping itu juga harus mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan pengerjaan serta menggunakan sarung tangan. Ia juga menjelaskan dari hasil pengamatan dan beberapa jenis kegiatan terkait pengawasan jajanan anak sekolah, dan pasar aman dari bahan berbahaya di pasar tradisional Kota Denpasar seperti Rhodamin B, Methanil Yellow yang dilakukan pembinaan kepada pedagang dan memberikan tambahan wawasan. Karena kebanyak para pedagang tidak memahami tentang penggunan bahan-bahan makan yang aman bagi kesehatan. (pur/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: