Kuliah Umum di UNR Hadirkan Narasumber dari India

(Baliekbis.com), Sebelum yudisium ke-35 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Ngurah Rai (UNR) terlebih dahulu dilaksanakan kuliah umum di auditorium dengan melibatkan mahasiswa semester VI dan seluruh calon wisudawan. Kuliah umum yang dibuka langsung oleh Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tenaya, M.Si.  menghadirkan narasumber Shobhana Radhakrishna dari India, pada Rabu (16/8).

Dekan FE UNR, Drs. I Made Santosa, M.Si. mengatakan kuliah umum ini mengambil tema tentang sosok Mahatma Gandhi yang merupakan sosok seorang jurnalis, penulis, editor, pembicara dan penerbit buku. Dibalik sosokMahatma Gandhi sebenarnya memiliki kepercayaan yang kuat yang tidak bisa ditukarkan dengan apapun juga terutaman sebagai seorang penulis yang diutamakan adalah bisa menemukan sebuah jati dirinya,”terangnya, Selasa (15/8). Sementara  Shobhana Radhakrishna menjelaskan, Mahatma Gandhi sebenarnya memiliki kepribadian, karakter dan kemampuan sebagai pemimpin yang banyak melakukan perubahan kearah yang lebih baik. “Dari kepemimpinan Mahatma Gandhi adalah penglihatannya yang meningkat yang mana manusia merupakan manifestasi tertinggi ciptaan tuhan, manusia diciptakan akan dapat hidup dalam harmoni dan damai serta bisa berpegang teguh pada kebenaran,”jelasnya.

Lanjutnya, sebenarnya Mahatma Gandhi adalah sosok yang menganut kebenaran, menghindari kelalaian yang direncanakan sebelumnya, memperhatikan sedikit rincian, mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat, bekerja dengan konsentrasi dan kejujuran. Selain itu, orangnya idealis dan  praktis dalam memulai setiap tindakan dengan keyainan diri serta memiliki Karakter yang sempurna, tidak ada perbedaan antara tingkah laku dan pekerjaan pribadinya,  selalu belajar dari setiap kesalahan,”ucapnya. Mahatma Gandhi sendiri memiliki pandangan yang unik terhadap pekerjaan terutama dalammemperlakukan semua tugas yang diberikan Tuhan. Bahkan Mahatma Gandhi sendiri juga memiliki kemampuan untuk memandang manusia sebagai manusia tanpa melampirkan label, dan dirinya juga memiliki kewaspadaanatau  kesaktian abadi. “Dari karakteristik kepemimpinan moral dirinya memiliki perilaku sopan, kerendahan hati, kerja keras, ketenangan, menghormati orang, pengorbanan diri yang mulia, efisiensi dan bertanggung jawab,”imbuhnya. Kuliah umum ditutup dengan pemberian cendramata kepada Shobhana Radhakrishna dari India oleh Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi tenaya, M.Si. (sus) 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: