Kopi Mula “Unik” Padawa Makin Diminati

(Baliekbis), Kopi Padawa, Singaraja belakangan ini makin diminati konsumen. Terlebih kopi yang dikemas apik tersebut sudah masuk ke pasar oleh oleh. “Berkat dukungan Krisna Oleh Oleh, pangsa pasar Kopi Padawa semakin luas dan permintaannya meningkat tajam,” ujar owner Kopi Bubuk Mula Pedawa Ketut Sudiarta, Kamis (12/10)  saat talkshow tentang kopi di Nusa Dua Fiesta.

Talkshow sekaligus tes langsung minum kopi itu mendapat respons besar dari pengunjung yang datang. Bahkan  tak sedikit kalangan remaja perempuan ikut menikmati suguhan kopi Pedawa yang dikemas apik dan diolah secara modern. “Dengan olahan yang bagus serta sajian khusus, kopi Pedawa makin banyak peminatnya,” tambah Sudiarta. Dalam memasarkan kopi Padawa ini, Sudiarta bukan semata menggantungkan Krisna Oleh Oleh. Namun kualitas kopi serta sajiannya dibuat agak unik. Karena kopi Pedawa ini tidak langsung disajikan dengan campuran gula putih pada umumnya. “Penikmat kopi sebelum minum mesti menggigit gula merah yang juga diproduksi warga Pedawa. Jadi kopi disajikan tanpa campuran gula,” ujarnya.

Keunikan ini ternyata menjadi perhatian sekaligus minat masyarakat akan kopi racikannya. Sudah tentu kualitas biji kopi juga menjadi prioritas. Sebab kopi yang dijual sudah diseleksi dan dihasilkan dari kopi petik merah. Dengan kemasan yang apik serta didukung Krisna dalam pemasarannya, omzet Kopi Bubuk Mula Pedawa pun berkembang pesat. “Tiap dua hari kita bisa jual sampai 150 kg kopi bubuk,” jelas Sudiarta optimis.

Apa yang disampaikan Sudiarta diamini Ayu Saraswati yang merupakan Manajer Operasional Krisna Oleh Oleh. Saraswati bahkan mengatakan peminat kopi Pedawa ini sangat besar dan penjualannya terus meningkat. “Kami di Krisna juga menjual koki jenis lainnya. Tapi kopi Pedawa ini sangat bagus pasarnya,” ujarnya. Kopi Mula Pedawa ini dinilainya sangat layak. Selain kemasannya juga rasanya sangat nikmat sehingga paling banyak disukai. “Penjualannya terus meningkat. Bahkan dari awal sampai sekarang bisa naik 60 persen. Kopi Mula ini terbilang unik dan memiliki rasa yang khas karena harus gigit gula sebelum minum kopinya,” jelasnya.

Sementara sejumlah konsumen yang menikmati kopi Mula ini mengaku suka dengan rasa kopi serta keunikan cara meminumnya. “Enak sekali dan ini sangat khas,” ujar Wayan Sukarsana yang juga banyak berkecimpung di bisnis kopi. Bahkan pebisnis kopi asal Kintamani ini memuji rasa kopi Mula Pedawa tersebut sehingga, ia berulang kali mencobanya. “Ya ini rasa kopi sangat istimewa,” pujinya. Baik Sudiarta, Saraswati maupun Sukarsana mengatakan ke depan bisnis kopi sangat prospektif. Bukan saja karena penggemar kopi makin meluas juga sesungguhnya banyak manfaat minum kopi bagi kesehatan. Harganya pun terjangkau sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan.  (bas)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.