Komunitas Peduli Lingkungan Gandeng Instansi Terkait Bersihkan Sampah Plastik

(Baliekbis.com),Mengatasi sampah plastik di wilayah Bangli, Komunitas Peduli Lingkungan melaksanakan pembersihan sampah plastik di Sungai Bubuh Tembuku, Bangli, Minggu (27/1).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membersihkan kawasan sungai dari ancaman bahaya sampah plastik seperti botol minuman, kemasan makanan ringan, kantong plastik, bungkusan mie instan, kulit permen dan yang lainnya.

Kegiatan yang dipusatkan di Sungai Bubuh Tembuku, Bangli tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bangli Ngakan Kutha Parwata, Camat Tembuku
I Dewa Agung Putu Purnama, S.Stp., Wakapolsek Tembuku.
Iptu I Nyoman Sujana beserta staf, Staf Koramil 1626-03/Tembuku, Dinas Tata Kota, Komunitas Transformers Peduli Sampah Plastik, Relawan Bali Mula, Yayasan Dwi Pahara, Siswa SMP se-Kecamatan Tembuku dan masyarakat Tembuku Kelod.

Menurut Ketut Artawan yang paling penting bagi Tansformers adalah melakukan transformasi atau perubahan yang dimulai dari transformasi diri. Transformers harus bisa merubah dirinya terlebih dahulu dari pribadi yang tidak peduli menjadi pribadi yang peduli. Bisa mentranformasi keluarga dari keluarga yang acuh tak acuh menjadi keluarga yang peduli lingkungan. Sehingga transformer bisa mentransformasi lingkungan yang kotor menjadi lingkungan yang bersih.

Secara terpisah Pjs Danramil 1626-03 / Tembuku Kapten Inf Putu Suratnya seizin Dandim 1626/Bangli mengatakan
jika tidak dari sekarang keberadaan sampah plastik diatasi secara bersama dan adanya kesadaran setiap orang untuk tidak membuang sampah plastik di sembarang tempat, termasuk sungai, maka ekosistem di sekitar sungai secara perlahan-lahan akan rusak. Air sungai akan tercemar dan tidak sehat lagi, pertumbuhan pohon-pohon hijau di sana juga akan terhambat dan yang lebih mengkhawatirkan lagi keberadaan sungai menjadi tidak nyaman.

Untuk itu pihaknya mendukung kegiatan ini agar masyarakat paham tentang bahaya sampah plastik. Sementara itu Kadis Tata Kota Pemkab Bangli Ida Ayu Yudi menyampaikan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini untuk menjaga kebersihan di wilayah Bangli agar terhindar dari sampah plastik. “Hari ini kita turunkan puluhan personel Dinas Tata Kota dan 6 unit truk untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan,” ungkapnya. (job)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: