Kodim Ternate Ikuti Lomba Binter Tingkat Nasional 2021

(Baliekbis.com), Komando Distrik Militer (Kodim) 1501/Ternate, mewakili seluruh Kodim mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat nasional tahun 2021, yang dilaksanakan Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD).

Dandim 1501 Ternate, Kolonel Inf. Moch. R. Iskandarmanto mengatakan lomba Binter ini dilaksanakan dua tahun sekali yang mana terverifikasi Kodim yang sudah membawahi tipe A dimana untuk tahun ini Kodim 1501 Ternate mewakili Kodim yang ada di Malut untuk mengikuti seleksi dalam kegiatan ini.

Dikatakan penilaian kegiatan ini sebagai bentuk kerja sama antara Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) yang membawahi wilayah kerja Kodim 1501/Ternate untuk memanfaatkan apa saja yang ada di lingkungan tingkat Koramil hingga para Bhabinsa di wilayahnya masing-masing.

Dandim mengatakan, nantinya para Bhabinsa akan mengajak masyarakat meningkatkan perekonomian di wilayahnya guna memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk menanam sayur-sayuran maupun yang lain. “Sebagai salah satu bentuk perhatian tersebut maka semua pemanfaatan dipamerkan pada kegiatan lomba Binter ini,” ujar Dandim.

Dia menjelaskan, dari pemanfaatan yang sudah dibuat terhadap 7 Koramil di Kodim 1501/Ternate di antaranya, produk unggulan Koramil 1501-01 Kota Ternate berupa budidaya lele, pengrajin ulek-ulek, pengelola pala dan peternak ayam.

Selanjutnya untuk produk unggulan Koramil 1501-02 Pulau Hiri di antaranya, memanfaatkan minyak kelapa dan VCO, penangkaran penyu, keramba apung, peternak sapi dan kambing serta kebun sayur.

Untuk produk unggulan Koramil 1501-03 Jailolo memanfaatkan, kerajinan, arang sekam dan jagung manis. Selain itu, untuk produk unggulan Koramil 04 Sahu memanfaatkan budidaya ikan air tawar (ikan nila dan ikan mas), tanaman hortikultura (cabai keriting). Sedangkan untuk produk unggulan Koramil 1501-05 Ibu memanfaatkan, budidaya buah salak, tanaman kol dan pengelolaan kopra.

Produk unggulan Koramil 1501-06 Loloda memanfaatkan, ikan julung kering, pembibitan pala dan pembibitan kelapa. Untuk produk unggulan Koramil 1501-07 Mayau memanfaatkan, kopi rempah khas Ternate, air guraka khas Ternate, pengelola fuli pala dan pengelola ikan asin. Selain itu juga ada produk unggulan Koramil persit KCK cabang XXIV Kodim 1501 yang memanfaatkan, sambal roa, sirup pala, kue kenari, pot bunga dari serabut kelapa dan juga batu bacan doko dan palamea.

“Semua produk unggulan pada masing-masing Koramil di atas kita tampilkan pada lomba Binter di tahun ini,” ungkap Kolonel Inf Moch. R Iskandarmanto kepada wartawan.

Dandim berharap, semoga dalam perlombaan ini bisa mendapatkan nilai terbaik setelah dinilai langsung oleh tim lomba Binter dari Mabes di Kodim. “Kita berharap semoga saja Kodim 1501/Ternate mendapatkan nilai terbaik untuk menjuarai lomba Binter tingkat nasional ini,” harapnya.

Sekadar diketahui, ketua tim penilai lomba Binter pusat TNI AD, Kolonel Inf Ayup Akbar beserta rombongan dari Mabes TNI AD melakukan penilaian di Makodim 1501/Ternate, Senin (26/07/2021). (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: