Kinerja Seluruh Tenaga Pendidik Mesti Ditingkatkan

(Baliekbis.com), Tim Penilai pemilihan guru tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi Tingkat Provinsi Bali melakukan penilaian observasi dan visitasi kepada guru berprestasi, adapun guru yang turut mendapat penilaian yakni Kadek Ayu Trisna Dewi, S.Pd, Aud  di Paud Bali Public School dan I Ketut Budiarsa, S.Pd  di SDN 12 Dauh Puri, Selasa (25/6).  Kedatangan Tim Penilai disambut Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara bersama Bunda Paud Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra.

Dalam kesempatan Sekda Rai Iswara mengatakan, upaya untuk mencapai tujuan pendidikan melalui peningkatan mutu, pemerataan, efisiensi dan demokratis pendidikan diperlukan berbagai kegiatan bersinergi. Karena hal ini merupakan tanggung jawab semua komponen masyarakat dan pemerintah. Dalam undang-undang pendidikan ditegaskan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran sertanya dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

Lebih lanjut dikatakan, Pendidikan anak usia dini (Paud) merupakan pendidikan yang paling mendasar dan paud yang berkualitas akan sangat berkontribusi terhadap kualitas pendidikan pada jenjang selanjutnya.  Hal ini sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional 2015-2019 yang menyatakan bahwa peningkatan akses dan kualitas paud secara holistik dan integratif merupakan pondasi terwujudnya pendidikan dasar 12 tahun yang berkualitas. Sementara Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Selly menambahkan pemilihan guru paud berprestasi dan berdedikasi Tingkat Paud se Provinsi Bali tahun 2018 merupakan salah satu wahana komunikasi dan edukasi bagi para guru di tingkat paud. Melalui kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini dengan kriterianya seperti Kompetensi Profesi, kompetensi pedagogic presentasi forto folio dan wawancara. ‘’Diharapkan lebih meningkatkan kinerja seluruh komponen yang ada di sekolah seperti  guru, kepala sekolah dan juga tenaga kependidikan lainnya. ‘’Oleh karena itu kami dari Bunda Paud Kota Denpasar selalu memberikan dukungan kepada masyarakat termasuk Dinas dan instansi untuk mengikuti lomba demi kemajuan dan keberhasilan pembangunan,’’ ujarnya.

Sementara Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar Wayan Gunawan menyatakan, pemilihan guru berprestasi yang dilakukan berjenjang dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional yang dilaksanakan secara kompetitif, objektif, transparan dan akuntabel. Diharapkan memberikan rasa bangga dan memotivasi para guru untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam proses pembelajaran serta memotivasi peserta didik untuk berprestasi di berbagai bidang baik akademik maupun non akademik. ‘’Maka dari itu saya mengucapkan terimakasi kepada Guru Kadek Ayu Trisna Dewi, S.Pd, Aud dan I Ketut Budiarsa, S.Pd telah terpilih sebagai guru berprestasi tingkat Kota Denpasar dan sekaligus mewakili Pemerintah Kota Denpasar dalam seleksi guru berprestasi tingkat provinsi Bali,’’ ungkapnya.

Tim Penilai Rini Kristiantari bersama IB Perdata mengatakan, penilaian ini adalah konfirmasi apa yang tela disampaikan oleh nominasi guru TK berpresai Provinsi Bali saar presentasi, wawancara kemudian penilaian secara keseuruhan. ‘’Untuk hari ini kita hadir untuk mengkonfirmasi saja, apakah yang disampaikan sesuai kenyataan apa tidak,’’ ungkapnya.

Dari penilaian  Rini mengaku tenaga pendidikan berprestasi Kadek Ayu Trisna Dewi, S.Pd, Aud sangat baik. Karena yang ditampilkan saat penilaian sama persis seperti saat ujian tulis di provinsi.  Bahkan penilaian kompetensi kepribadiannya yang diperoleh  dari Kelian Adat, Kelian Dinas, Komite, Orang Tua dan Murid bagus semua menyatakan tidak pernah masalah dengan  Kadek Ayu Trisna Dewi, S.Pd, Aud sangat bagus. Kadek Ayu Trisna Dewi, S.Pd, Aud mengaku dalam penilaian kegiatan yang paling ditonjolkan adalah Yoga. Kegiatan yoga bagi anak itu tidak pernah dibawakan peserta lain.  Menurutnya dalam penilaian ini dipilih yoga  karena Sekolah Paud Bali Public School telah menerapkan yoga. (ay2)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: