Kinerja Penjualan Ritel di Bali Meningkat

(Baliekbis.com), Kinerja penjualan ritel Bali pada April 2022 diprakirakan menunjukan pertumbuhan sebesar 0,5% (mtm) seiring dengan semakin bergairahnya aktivitas ekonomi Bali akibat meningkatnya pendapatan masyarakat dan terkendalinya penyebaran kasus COVID-19.

Semakin tingginya mobilitas masyarakat yang didukung pelonggaran persyaratan perjalanan dalam negeri di semua moda transportasi darat, laut maupun udara bagi pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap dan booster dibebaskan dari kewajiban tes antigen dan PCR.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyampaikan kenaikan kinerja penjualan ritel di Bali bersumber dari penjualan beberapa kelompok barang Peralatan Informasi dan Komunikasi, serta Sandang. Trisno menyebut kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali tetap kuat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat dan persiapan HBKN ‘dui Fitri. Peningkatan pendapatan sejalan dengan adanya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) mendorong adanya kenaikan permintaan dari masyarakat.

Kinerja positif penjualan eceran di Bali pada April 2022 tersebut selaras dengan kondisi nasional. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) nasional yang tumbuh sebesar 6,8% (mtm), yang bersumber dari meningkatnya kinerja penjualan eceran pada Makanan, Minuman, dan Tembakau serta Sandang. (ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.