Kiat Mudah Membaca Novel Digital

(Baliekbis.com), Seiring perkembangan zaman, berbagai macam teknologi dan layanan telah diciptakan untuk mempermudah manusia, salah satunya adalah layanan baca novel digital. Berbagai layanan digital yang menyediakan novel gratis dan berbayar dapat ditemui dengan mudah di internet. Bahkan dengan menggunakan gawai semacam tablet atau smartphone, aktivitas membaca novel dapat dilakukan di mana pun dan kapan saja.

Membaca novel adalah sebuah aktivitas yang bisa menghibur di kala penat dengan situasi saat ini. Selain untuk mengisi waktu luang, membaca novel juga bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan novel dalam bentuk fisik, novel digital menawarkan beragam genre sesuai dengan minat pembaca seperti novel romantis, novel komedi, nover horor, novel fiksi, novel sejarah dan seterusnya. Selain novel digital berbayar, saat ini banyak aplikasi yang juga menyediakan novel gratis, di antaranya sebagai berikut:

  1. Wattpad

Wattpad menyediakan platform bagi penulis untuk menulis buku atau novelnya sendiri lalu mempublikasikannya. Tersedia banyak sekali genre yang bisa dipilih di aplikasi ini sehingga tidak heran rasanya jika mendapat banyak perhatian pecinta e-book di seluruh dunia. Tak hanya buku atau novel berbahasa Indonesia, tersedia juga e-book dari bahasa lainnya yang bisa dicari dengan mudah di Wattpad. Di aplikasi baca novel ini, kamu juga bisa menyimpan buku favorit untuk dibaca lain waktu ketika offline.

  1. Goodreads

Di dalam aplikasi ini, terdapat 12 juta e-book yang bisa dibaca atau dikasih ulasan. Kamu bisa melihat buku-buku yang direkomendasikan oleh teman maupun kenalan yang ada di dalam kontakmu. Selain itu, Goodreads juga menyediakan fitur rak untuk menyimpan daftar buku-buku yang ingin dibaca di waktu berikutnya.

  1. NovelPlus

NovelPlus adalah aplikasi bacaan novel gratis yang cukup populer. Aplikasi ini mudah diakses untuk membaca novel gratis, dengan berbagai macam genre yang dikemas dengan cerita dan alur yang menarik. Kamu juga bisa membuat karya sastra berbentuk prosa di dalam aplikasi ini lalu mempublikasikannya ke teman dan sahabatmu. Selain itu, penulis dan pembaca juga bisa saling terhubung dan berinteraksi satu sama lain di dalam aplikasi ini.

  1. WeRead

WeRead adalah aplikasi bacaan novel gratis, yang menyediakan berbagai macam novel, baik yang ditulis oleh penulis Indonesia maupun novel terjemahan luar negeri. Di aplikasi ini juga menyediakan novel premium, yang bisa diakses dengan menggunakan koin. Kamu pun bisa mengumpulkan koin gratis dengan menyelesaikan tugas harian membaca novel yang terdapat dalam fitur aplikasi WeRead.

  1. Webnovel

Webnovel memiliki cukup banyak pilihan genre novel seperti romantis, misteri, fantasi dan lainnya untuk kamu jadikan bahan bacaan di kala senggang. Yang menarik dari aplikasi ini adalah kamu juga bisa membaca berbagai komik dengan berbagai genre secara gratis. Jadi cukup menyenangkan buat kamu yang hobi baca komik setiap saat.

Selain beberapa aplikasi novel digital yang bisa kamu akses dan unduh secara gratis, kamu juga bisa membacanya di mana saja melalui smartphone. Untuk menemanimu dalam membaca novel, kamu memerlukan ponsel cerdas dengan layar yang nyaman, salah satunya OPPO A16. Ponsel pintar ini hadir dengan layar HD+ 6,52 inci yang memiiki rasio aspek screen-to-body 88,7%. Layar berukuran besar dan dilengkapi dengan Eye Care Display menjamin mata kamu tidak mudah lelah ketika membaca novel digital dalam waktu lama.

Layar LCD memberikan tampilan visual superior berkat resolusi dan kecerahannya yang tinggi jadi kamu dapat menikmati hiburan favorit sepanjang hari dengan layar sunlight dan moonlight screens. Selain itu dalam ruangan gelap, layar A16 dapat meredup hingga 2 nits ditambah A16 menawarkan AI Smart Backlighting akan mempelajari kebiasaan kecerahan pengguna dan memberikan pengalaman lampu latar cerdas yang otomatis disesuaikan jadi saat membaca Kamu tidak perlu lagi mengatur kecerahan secara manual maka kesehatan mata kamu akan terjaga dengan baik.

Selain layar yang menjaga kesehatan mata, OPPO A16 memiliki bobot ringan dan bodi ramping sehingga saat memegangnya dalam waktu lama tidak akan terasa pegal di tangan. Di sisi perangkat keras, OPPO A16 dilengkapi dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengunduh novel atau e-book dalam jumlah banyak. Apalagi ponsel ini dilengkapi dengan baterai 5000mAh yang akan memberikan memberikan daya cukup lama untuk mendukung aktivitas kamu saat membaca novel digital. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: