Kian Populer, Ini Kilas Balik Kesuksesan Likee Selama Tiga Tahun

(Baliekbis.com), Aplikasi berbagi video pendek kini tengah naik daun di kalangan pengguna dari segala usia. Selain sebagai hiburan, aplikasi video pendek juga menjadi cara untuk menunjukkan kreativitas melalui pembuatan konten menarik. Salah satu aplikasi yang sedang digandrungi adalah Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura di bawah naungan BIGO Technology Pte. Ltd. Diluncurkan tahun 2017, dalam waktu tiga tahun, Likee saat ini menjadi aplikasi pembuat video pendek terkemuka di dunia. Penasaran seperti apa perjalanan Likee selama tiga tahun ini dan bagaimana Likee dapat menjadi aplikasi video pendek populer? Berikut ringkasannya!

 

  • Dikenal pertama kali sebagai LIKE Video

 

Hadir pertama kali dengan nama LIKE Video pada 2017, Likee menyediakan tool pengeditan dan pembuatan video unggul dengan lebih dari 2.000 efek video untuk memberikan kebebasan bagi pengguna dalam berkreasi. 

“Konten video pendek semakin populer saat ini karena setiap orang dapat berekspresi dengan bebas. Menyadari hal tersebut, kami menciptakan Likee sebagai platform yang memudahkan pengguna untuk menunjukkan dan mengasah kreativitas mereka. Likee juga menjadi tempat para pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya, bahkan dengan idolanya secara langsung melalui fitur live streaming,” ujar Country Manager of Likee Indonesia, Kelly Zhang.

 

  • Kebanyakan pengguna Likee adalah konten kreator

 

Tersedia di App Store dan Google Play Store, saat ini Likee hadir di lebih dari 200 negara dan kawasan, termasuk Indonesia, Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Brazil. Pengguna Likee mencangkup berbagai kalangan usia, dengan jumlah pengguna perempuan lebih banyak dibandingkan pengguna laki-laki. Berkat kreativitas para pengguna Likee dalam menghasilkan konten-konten video pendek, sebagian besar pengguna berhasil aktif menjadi konten kreator di Likee. Apakah kamu salah satunya?

  • Salah satu aplikasi terpopuler di dunia

 

 

Komitmen dan keseriusannya Likee untuk menjadi aplikasi pembuatan video pendek yang digemari menjadikan Likee sangat populer, bahkan membuatnya menjadi aplikasi terpopuler di dunia. Likee berhasil meraih berbagai penghargaan salah satunya menjadi aplikasi paling populer dan menghibur di Google Play berdasarkan jumlah unduhan dan impresi pengguna Android tahun 2017 loh!

Selain itu, Likee mendapatkan dua penghargaan, yakni peringkat ketujuh dalam aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2019 dan berhasil menjadi peringkat pertama pada ‘Top 10 Breakout Apps’ seperti laporan yang dirilis oleh App Annie, dan peringkat ketujuh dalam ‘Overall Worldwide’ pada kuartal empat 2019 berdasarkan jumlah unduhan di seluruh dunia menurut hasil riset Sensor Tower di kuartal empat 2019. Sementara itu, berdasarkan riset Sensor Tower di kuartal satu 2020, Likee menempati peringkat enam dalam kategori ‘Top Apps’.

 

  • Komunitas Likee turut berkembang

 

Likee berhasil menciptakan komunitas global yang menghubungkan para konten kreator melalui konten kreatif. Dalam mendukung dan menjaga keakraban komunitas, Likee menyelenggarakan beragam kegiatan untuk mengembangkan komunitasnya. Beberapa kegiatan di tahun 2020 adalah perayaan tahun baru di tujuh kota di Indonesia, Likee Fitness Gathering Campaign di sepuluh kota di Indonesia, dan pertemuan daring pada bulan Ramadan melalui Likee Live City Show di 12 kota di Indonesia. Kamu ikutan acaranya ngga nih?

“Komunitas pengguna Likee merupakan prioritas utama dan sangat penting bagi Likee. Kami tidak akan berhenti untuk menjadi platform bagi kawula muda dan dewasa muda untuk membagikan kreativitas, mengembangkan diri, dan saling menginspirasi,” kata Kelly.

 

  • Cloud Economy: kampanye terbesar Likee 

 

Di samping memberikan hiburan dan memberikan kemudahan dalam berkreativitas, Likee turut berpartisipasi dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang tengah hangat di masyarakat dengan berbagai kampanye. Sebagai usaha untuk mengedukasi tentang isu-isu penting kepada pengguna, Likee bekerja sama dengan komunitas untuk mengadakan kampanye, seperti kampanye terbesar Likee bertajuk Cloud Economy.

Bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk tetap melanjutkan profesinya secara online, Cloud Economy memungkinkan pengguna untuk mengasah kemampuannya secara online melalui pertunjukan live di tengah pandemi. Kampanye ini terdiri dari empat tema, yaitu, Cloud Education, Cloud Medical, Cloud Food, dan Cloud Concert.

Di antaranya, Likee mengadakan forum online yang memberikan kesempatan kepada guru untuk menemukan peluang baru dan melanjutkan profesinya melalui acara siaran langsung (live streaming). Selain itu, Cloud Medical Live Show memberikan edukasi dan konsultasi kesehatan gratis yang dibawakan oleh dokter dan perawat profesional dari seluruh Indonesia. Berkat kampanye ini, jutaan pengguna tetap terhubung dan produktif saat #dirumahaja.

 

  • Fitur ‘FaceMagic’ dan ‘Moments’: fitur terfavorit Likee

 

Dalam memberikan pengalaman terbaik kala membuat video pendek, Likee menghadirkan berbagai fitur yang mudah untuk digunakan. Fitur-fitur ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengekspresikan diri dan berkreasi tanpa batas. ‘FaceMagic‘ menjadi salah satu fitur terfavorit para pengguna. Fitur ini merupakan mode permainan pertukaran wajah 3D yang dapat mengubah wajah kamu menyerupai wajah pemeran film terkenal. 

Likee juga memberikan pengalaman yang berbeda dalam aplikasinya dengan memperkenalkan fitur “Moments”, yang memungkinkan kamu untuk merekam dan/atau membagikan kehidupan mereka dalam bentuk tulisan atau foto. Sejak diluncurkan, fitur ini mencapai jutaan unggahan, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

 

  • Kerja sama dengan berbagai merek ternama

 

Selain itu, Likee juga menjalin kerja sama dengan berbagai merek ternama. Kerja sama terakhir Likee adalah bersama Moonton dalam menghadirkan siaran langsung Likee Superstar Battle.  Kerja sama lain juga terjadi dengan PUBG, Huawei, Xiaomi, dan Honor untuk menghadirkan beberapa kegiatan seperti challenge, konser online, dan lainnya. Tidak jarang Likee mendapatkan lebih dari jutaan penonton dan fans. Salah satu yang tertinggi adalah kerja sama Likee dengan PUBG yang menghadirkan challenge #PlayInTheSafeZone. Acara yang menantang pengguna Likee untuk bermain cosplay menjadi karakter di PUBG ini mendapatkan lebih dari 68 juta penonton dan lebih dari 62 ribu fans.

Bertepatan dengan usianya yang ketiga, Likee telah baru saja merampungkan Karnaval “Likee Anniversary” yang berlangsung pada 21-29 Juli. Karnaval ini adalah bentuk apresiasi kepada pengguna untuk kesetiaannya dalam menikmati dan menciptakan konten menarik di Likee. Likee membuka cara baru untuk memberitahukan ke seluruh dunia hal yang menjadi minat kita dan berbagi hal positif kepada banyak orang. Saatnya Kamu Bersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee! (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: