Kepercayaan Krama Meningkat, Aset LPD Blangsinga Melonjak Rp19,5 Miliar

(Baliekbis.com), Berkat kepercayaan krama yang begitu tinggi, perkembangan LPD Blangsinga, Blahbatuh Gianyar tumbuh positif. Tahun 2017 aset LPD hanya Rp 16,7 miliar di tahun 2018 aset melonjak jadi Rp 19,5 miliar, meningkat sebesar 16 persen. Ketua LPD Blangsinga I Made Karyada mengatakan hal itu di sela-sela LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) LPD Blangsinga baru-baru ini.

LPJ dilaksanakan setiap hari raya Kuningan atau setiap Tumpek Kuningan bersamaan dengan Desa Adat Blangsinga menggelar Pesamuan Agung. “Makanya kita juga ikut di dalamnya menyampaikan perkembangan LPD ke krama. Di samping itu pula pertimbangan kita laksanakan pada saat Tumpek Kuningan karena kehadiran masyarakat sangat banyak dalam paruman tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Karyada menambahkan dalam perjalanan LPD Blangsinga di 2 tahun terakhir perkembangannya sangat positif dimana tahun 2017 aset LPD mencapai Rp 16,7 miliar kemudian tahun 2018 aset mencapai Rp 19,5 miliar, ada peningakatan sebesar 16 %. Laba LPD juga naik, tahun 2017 tercatat Rp 260 juta sedangkan tahun 2018 menjadi Rp 581 juta, ada kenaikan sebesar 61%.

Dengan naiknya laba LPD pihaknya berencana akan meningkatkan lagi punia ke Desa Adat dalam halnya ini kontribusi ke Pura Kahyangan Tiga. Oleh karena itu Karyada berharap pada seluruh masyarakat Blangsinga agar tidak ragu dan takut memanfaakan program-program unggulan LPD sehingga kehadiran LPD Blangsinga di masyarakat akan lebih mensejahterakan masyarakat serta Desa Adat, imbuhnya

Pria yang baru 3 tahun ngayah di LPD ini juga berterimakasih pada seluruh prajuru di desa adat dimana atas dukungan serta partisipasinya, LPD Blangsinga semakin dipercaya. Dengan kepercayaan ini maka LPD menargetkan pada tahun 2019 bisa memberikan biaya piodalan gratis khususnya di Pura Kahyangan Tiga, jelasnya.

Sementara itu Bendesa Adat Blangsinga, I Made Astawa, mengungkapkan sangat mengapresiasi positif atas kinerja pengurus serta pegawai LPD sehingga di tahun 2018 ini semua target bisa terlampaui. “Selaku Bendesa Adat akan terus mendukung secara penuh setiap kebijakan LPD selama tujuannya baik yakni mensejahterakan desa adat dan juga krama Blangsinga itu sendiri,” ujarnya. Astawa juga berharap pada masyarakat agar memberikan dukungan serta kepercayaan dananya tetap di LPD Blangsinga, pungkasnya. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: