Kelompok Peneliti SMAN 7 Denpasar Ikut AIGC 2019 di Singapura

(Baliekbis.com), Dua kelompok penelitian dari SMAN 7 Denpasar berhasil dalam seleksi lomba AIGC, dan berkesempatan mengikuti final yang diselenggarakan di Nanyang Tecknologi Univercity, Singapura.

Kepala SMAN 7 Denpasar Dra.Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati, Rabu (13/11/2019) mengatakan sekolah berhasil dalam seleksi lomba The Advanced Innovation Global Competition (AIGC) yang diselenggarakan oleh Indonesia Invention and Innovation Promotion Associarion (INNOPA). Dimana kegiatan AIGC 2019 meliputi Booth Installation, Opening, Judging Period, Exhibition, dan Awarding Ceremony AIGC yang dilaksanakan dari tanggal 14-17 November 2019.

Namun biaya yang dibutuhkan dalam keberangkatan menuju Nanyang Tecknologi Univercity, Singapura cukup tinggi. Dari pihak sekolah hanya bisa membantu seadanya. Sehingga orangtua siswa itu sendiri yang akan mengeluarkan dana.

“Siswa SMAN 7 Denpasar sudah melakukan audensi ke DPRD Bali dan diterima anggota DPRD Bali Ir. Gusti Ayu Aries Sujati dan Ir. I Gusti Putu Budiarta. Akan tetapi dari DPRD Bali hanya bisa memberikan dukungan dan doa restu saja,” ucap Cok Mirah sesuai informasi yang didapat dari siswa yang sudah melakukan audensi ke DPRD Bali.

Dijelaskan, dari dua kelompok penelitian yang akan mengikuti lomba AIGC 2019 tersebut terdiri dari lima tim dengan judul penelitian yang berbeda-beda. Dari masing-masing tim terdiri dari 3-5 orang siswa. Pada lomba AIGC ini hanya melibatkan siswa kelas XII IPA dan MIPA saja.

“Mengenai biaya keberangkatan memang dirasakan sangat berat. Pihak sekolah sangat berharap ada donatour yang mau ikut mensponsori keberangkatan para siswa SMAN 7 Denpasar untuk bisa mengikuti lomba AIGC 2019 di Nanyang Tecknologi Univercity, Singapura,” jelasnya.

Ditambahkan, adapun prestasi yang sudah pernah diraih siswa SMAN 7 Denpasar yakni medali emas dalam ajang World Young Inventors Exhibition 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia, medali perak dan special award dari Cambodia dalam ajang Japan, design, ideas dan invetion expo 2019 di Tokyo, Japan, medali perak dan special award dari Malaysia dalam ajang Internasional Science and Invention Fair 2019 di Denpasar.

“Selanjutnya, meraih medali perunggu dalam ajang Internasional Acience dan Fair 2019 di Denpasar dan juara 2 dalan lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI 2018 di Tanggerang, Banten,” tambahnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: