Kejari Gianyar Launching Program “Jaksa Ramah Pelajar”

(Baliekbis.com), Kejaksaan Negeri Gianyar (Kejari) memberikan pendidikan dan penyuluhan  hukum sejak dini kepada para pelajar dengan  melaunching program ‘Jaksa Ramah Pelajar’. Program yang  merupakan modifikasi dari program Jaksa Masuk Sekolah bertujuan untuk memberikan  penyuluhan hukum ke sekolah-sekolah,  mengingat  usia anak sekolah sangat rentan mengarah pada tindakan pelanggaran hukum. Kepala Kejari Gianyar Agung Mardiwibowo dalam sambutannya mengajak seluruh siswa  mengenal hukum untuk menghindari hukuman.

“Program jaksa ramah pelajar merupakan modifikasi dari program jaksa masuk sekolah dengan harapan ada sekolah-sekolah percontohan, yang kita tempatkan jaksa yang sifatnya insidentil yang artinya jika terjadi permasalahan akan diberikan pendampingan serta solusi kepada kaum milenial yang tidak mengerti masalah hukum. “Kita akan berikan pencerahan masalah hukum dengan mengenali hukum untuk menjauhi hukuman” ujar Agung Mardiwibowo di Lapangan Astina Jaya Blahbatuh, Senin (25/2).

Harapannya dengan adanya program Jaksa Ramah Pelajar ini  pengaruh narkoba masuk ke sekolah-sekolah dapat diminimalisir. Agung Mardiwibowo juga menghimbau agar dalam bermain medsos untuk selalu berhati-hati untuk menghindari hoax karena riskan masuk ranah pidana. “Bijaksanalah dalam membagikan konten atau berkomentar di medsos untuk menghindari berita hoax, karena bisa masuk ke ranah pidana” tegasnya.

Dilanjutkannya bahwa Kejari Gianyar telah meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Desember lalu. WBK akan dijadikan penguatan ke depan menuju wilayah birokrasi bersih melayani yang stresingnya pelayanan public. “Dalam hal ini Kejari Gianyar, melalui program jaksa masuk sekolah dan jaksa ramah pelajar sebagai salah satu bentuk pelayanan untuk penguatan dari wilayah bersih melayani kepada masyarakat” imbuhnya. Pihaknya juga akan mensosialisasikan masalah hukum pada kegiatan Car Free Day Kabupaten Gianyar setiap hari minggu awal bulan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya menyambut baik program jaksa ramah pelajar, karena menurutnya cikal bakal kenakalan remaja ada di sekolah. Suradnya  meyakini dengan adanya pendampingan sejak dini, generasi kita akan lebih baik kedepannya.

Hal senada juga diungkapkan kepala sekolah SMA N 1 Blahbatuh Ketut Sulatra “Mudah-mudahan ada tindak lanjut agar siswa dapat memahami dengan baik sehingga tujuan dari program dapat tercapai dengan baik”, jelasnya. Dalam kesempatan tersebut juga dislempangkan selendang kepada pelajar anti hoax, pelajar anti narkoba, pelajar anti seks bebas, dan pelajar anti bullying. (abg)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: