Kecamatan Denut Out Bond Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat

(Baliekbis.com), Dalam rangka menyambut HUT Kota Denpasar ke-231 dan serangkaian dukungan program Lansia Ceria Kota Denpasar, Kecamatan Denpasar Utara menggelar kegiatan Out Bond dengan menggandeng seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari PKK, WHDI, Karang Taruna, hingga lansia. Kegiatan yang dilaksanakan di Kebun Raya Eka Karya, Bedugul Tabanan, Minggu (27/1).

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Anggota DPD RI, AA Ngurah Oka Ratmadi, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara serta Ny. Kerti Rai Iswara.

Walaupun bergarak dalam balutan rintik hujan dan dinginnya hawa sekitar tak menuyurutkan semangat perwakilan elemen masyarakat di kecamatan Denut untuk mengikuti kegiatan hingga akhir. Tampak suasana riang gembira sembari bernyanyi santai mengisi setiap tahapan acara.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, terpilihnya Kota Denpasar kedalam 10 Besar Kota Sehat di Dunia berdasarkan penilaianTravel Supermarket menjadi satu- satunya Kota di Indonesia yang masuk kedalam daftar merupakan kado manis diawal tahun 2019. Selain itu, Denpasar juga menjadi peringkat pertama Kota Cerdas kategori Kota Besar. Menurut Rai Mantra, salah satu indikator Kota Sehat adalah Angka Harapan Hidup dan Indeks Kebahagian masyarakat yang tinggi. Termasuk pemberdayaan Lansia dimana Pemkot Denpasar telah melaksanakan Halun (Hari Lanjut Usia Nasional) setiap tahunnya diperingati pada 29 Mei.

Lebih lanut dijelaskan bahwa sejalan dengan terpilihnya Kota Denpasar dalam jajaran 10 kota tersehat dunia berdasarkan penilaian Travel Supermarket dimana Kota Denpasar menjadi satu- satunya kota di Indonesia yang masuk kedalam daftar ini menjadi sebuah kebanggan. Lansia juga sangat penting untuk diperhatikan kesehatanya dengan melaksanakan refresing dan melaksanakan aktifitas yang memberi suasana kebahagiaan.

“Untuk terpilih menjadi Kota Sehat salah satu indikatornya adalah angka harapan hidup masyarakatnya yang tinggi serta kebahagiaan masyarakat tak terkecuali lansia. Pemberdayaan dan apresiasi terhadap lansia seperti yang kita laksanakan hari ini menjadi salah satu bukti nyata  untuk terus memaksimalkan Kota Denpasar sebagai 10 Besar Kota Sehat Dunia,” ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut dikatakan, Angka harapan hidup masyarakat Kota Denpasar saat ini berada diangka 74 Tahun. Ini karena kemampuan masyarakat memberdayakan diri dan meningkatkan kualitas hidupnya termasuk di hari ini peran serta masyarakat dan lansia di Kecamatan Denpasar Utara sebagai bagian dari Kota Denpasar.

“Hal ini bukan serta merta Pemkot Denpasar yang membantu masyarakat, tetapi masyarakat Kota Denpasar yang kreatif dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Kepada para Camat yang lain untuk mengajak para lansianya paling sedikit sejumlah 50, 75 hingga 100 orang mewakili desa masing – masing untuk diajak memberdayakan diri meningkatkan kegembiraan dihari tua,” ungkap Sekda Rai Iswara.

Sementara Camat Denpasar Denpasar Utara, I Nyoman Lodera sangat mendukung langkah Pemkot Denpasar dalam memberdayakan para lansia di lingkungan wilayahnya. “Tentu dengan kegiatan ini menyasar para lansia di wilayah kami dapat meningkatkan kualitas hidup para lansia di usia senja mereka. Besar harapan kami kegiatan ini dapat memberikan motivasi pada masyarakat diwilayah kami untuk kedepannya berkontribusi kepada pembangunan di Kota Denpasar,” ungkap Budiarta. (ags)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: