Denpasar Utara Gelar Musrenbang 2017

(Baliekbis.com), Guna memberikan dorongan kepada lembaga-lembaga yang ada di tingkat Desa maupun Kelurahan di Denpasar untuk berperan lebih aktif dalam segala aktifitas pembangunan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan peningkatan kualitas Sumber daya manusia (SDM), pemanfaatan iptek dan pemanfaatan insfrastruktur. Pemerintah Kota Denpasar melalui masing-masing kecamatan mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) setiap tahunya, yang mana pada awal tahun 2017 ini Kecamatan Denpasar Utara mendapat giliran pertama dalam penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan, Senin (23//1) di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Denpasar Utara. Dimana Musrenbang Kecamatan Denpasar Utara ini di buka langsung Asisten Administrasi Pemerintahan Kota Denpasar I Ketut Mister, mewakili Walikota Denpasar, yang ditandai dengan pemukulan gong. Hadir juga dalam kesempatan ini Komisi Satu DPRD Kota Denpasar Suteja Kumara, Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra dan tokoh-tokoh masyarakat se-Kecamatan Denpasar Utara.

Pelaksanaan pembangunan selama ini di Kota Denpasar secara nyata telah membawa keberhasilan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemeliharaan serta pengembangan hasil-hasil pembangunan, demikian disampaikan Asisten Administrasi Pemerintahan Kota Denpasar I Ketut Mister saat membacakan sambutan Walikota Denpasar secara tertulis. Dimana program-program pembangunan yang telah direncanakan hendaknya benar-benar realistis berdasarkan skala prioritas yang disesuaikan dengan analisis potensi wilayah setempat, sehingga hasil-hasil pembangunan dapat meningkatkan daya saing dan nilai tambah bagi masyarakat.

Serta budaya unggul yang telah tumbuh dan berkembang di masyarakat perlu mendapatkan sentuhan-sentuhan inovasi, sehingga keberadaannya tetap terjaga dan lestari serta mampu meningkatkan daya saing di era globalisasi yang semakin ketat. Lebih lanjut Ketut Mister menegaskan, dalam Musrenbang Kecamatan Denut ini hendaknya diadakan pembahasan yang mendalam dengan memperhatikan program pembangunan yang di usulkan supaya diseleksi melalui penajaman prioritas dan program pembagunan  harus diarahkan yang menyentuh masyarakat luas dan peningkatan SDM melalui peningkatan pendidikan, keterampilan, kesehatan dan lingkungan hidup.

Sementara Camat Depasar Utara Nyoman Lodra mengatakan, pembangunan desa maupun kelurahan merupakan bagian integral dari pembagunan nasional yang mempunyai arti dan nilai yang sangat strategis di era otonomi daerah sekarang ini. Dimana dalam proses pembangunan, masyarakat desa maupun kelurahan perlu dilibatkan sejak awal, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan. Dengan harapan nantinya dapat menumbuhkan rasa memiliki dan rasa ikut bertanggung jawab dari masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan diwilayahnya. Lebih lanjut Lodra menjelaskan, adapun materi Musrenbang Kecamatan Denpasar Utara tahun 2017 ini mengusulkan 233 buah usulan kegiatan dengan jumlah anggaran mencapai 111 milyar lebih yang dibagi dalam Bidang Fisik sebanyak 218 usulan kegiatan, dan di Bidang Sosial dan Budaya dengan 15 usulan kegiatan. (ays’/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: