KBS-ACE Serukan Pilkada Jujur dan Bermartabat

(Baliekbis.com), Pilkada serentak tahun 2018 merupakan proses demokrasi untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah provinsi maupun kabupaten-kota yang harus berlangsung nyaman, aman, damai, lancar dan sukses. Dalam kontestasi di setiap pilkada, tidak dapat dihindari adanya tindakan-tindakan yang mengesampingkan nilai-nilai demokrasi yang seharusnya bersandar pada etika dan moralitas.

Pada pilkada serentak tahun 2018 di Provinsi Bali yang sudah memasuki tahap pendaftaran pasangan calon, terlihat sedemikian marak munculnya pernyataan-pernyataan dan tindakan-tindakan negatif seperti fitnah, berita bohong atau hoax, ujaran kebencian yang menyerang kehormatan pribadi pasangan calon maupun keluarganya yang tersebar melalui media sosial, media cetak maupun media elektronik.

“Kami menginginkan pilkada serentak termasuk pilgub Bali ini berlangsung damai dengan cara yang sehat, karena kita ingin proses demokrasi di setiap hajatan politik bisa memberikan pencerahan sekaligus pendidikan politik kepada masyarakat dalam rangka menggunakan hak pilihnya dan dalam konteks memilih pemimpin daerahnya baik bupati wakil bupati gubernur dan wakil gubernur,” ujar Calon Gubernur Bali yang diusung PDI Perjuangan Wayan Koster “KBS”, dalam keterangan persnya di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Rabu (17/01).

Dikatakan Cagub KBS, sebagai pasangan calon yang mengikuti kontestasi pada pilkada serentak tahun 2018 di Provinsi Bali, PDI Perjuangan berkewajiban untuk turut serta memberikan andil terlaksananya proses pilkada yang sehat, jujur, adil, bermartabat, dan berbudaya serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, persatuan kesatuan dan persaudaraan. “Sebagaimana di dalam ajaran agama Hindu, disebutkan untuk mencapai tujuan yang baik haruslah dijalankan dilakukan dengan cara yang baik pula.

Jika dilakukan dengan cara tidak baik untuk mencapai sebuah tujuan, maka hasilnya pun menjadi tidak baik dan tidak memberi manfaat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat”, jelas Cagub KBS, didampingi Tim Pemenangan KBS-ACE IGN Alit Kelakan dan Wayan Widia. PDI Perjuangan bersama para pasangan kandidat yang diusungnya yakni Cabup-Cawabup Kabupaten Gianyar Paket Aman, Kabupaten Klungkung Paket Bagia, dan Cagub dan Cawagub Bali Paket KBS-ACE, berkomitmen mengikuti segenap tahapan pilkada serentak secara taat asas, konsisten dengan mengedepankan nilai-nilai demokrasi yang sehat, serta menghormati hak politik setiap individu atau kelompok dalam mengikuti mekanisme dan tahapan pilkada serentak tahun 2018. (amb)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: