Kariyasa Adnyana: Pemerataan Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan Harus Diprioritaskan

(Baliekbis.com), Meski pertumbuhan ekonomi Bali yang didongkrak pariwisata terbilang cukup bagus, namun kesejahteraan masih timpang. Di beberapa kabupaten masih banyak warganya yang miskin.

“Ke depan yang harus mendapat perhatian adalah menekan angka kemiskinan dengan cara memeratakan pembangunan,” ujar Anggota DPRD Bali Ketut Kariyasa Adnyana, Jumat (9/8/2019) saat ditemui di sela-sela Kongres V PDIP di Sanur.

Politisi PDIP yang lolos ke DPR RI untuk periode 2019-2024 ini menegaskan nantinya pemerataan pembangunan dan kemiskinan akan dia perjuangkan saat tugas Senayan.

“Sekarang ini kan pembangunan dominan di Bali Selatan. Pergerakan ekonomi lebih banyak di sini. Maka tak mengherankan tingkat kesejahteraan masyarakatnya lebih baik dibandingkan beberapa kabupaten lainnya,” jelas politisi asal Buleleng yang duduk sebagai salah satu panitia di Kongres yang dihadiri ribuan peserta dari seluruh Tanah Air.

Karena itu tambah Kariyasa, daerah-daerah yang belum maju pertumbuhan ekonominya perlu diberi prioritas untuk menggerakkan potensinya. “Bisa dengan penambahan infrastruktur dan peningkatan SDM serta keterampilan masyarakatnya,” ujar Kariyasa.

Di sisi lain, Kariyasa melihat kebijakan untuk pemerataan penyebaran pembangunan saat ini sudah banyak dilakukan. Salah satunya dengan pembangunan shortcut di jalur Bali Utara. “Kalau ini sudah jadi semuanya tentu akan besar dampaknya bagi pembangunan ekonomi masyatakat,” tambahnya. Kariyasa juga melihat rencana pembangunan bandara di Buleleng yang akan sangat positif ke depannya.

Ditanya soal kemiskinan, ia optimis kalau infrastruktur yang berkaitan dengan penggerakan ekonomi ini sudah berjalan, maka akan diikuti dengan pertumbuhan kesejahteraan. Sebab selain akan mempercepat investasi, juga membuka lapangan kerja baru.

Disinggung tokoh Bali yang akan masuk kabinet sebagaimana terungkap di kongres dimana Bali dipastikan dapat jatah menteri, Kariyasa mengaku hal itu merupakan hak Prerogatif Presiden. “Yang jelas kita bersyukur mencapai hasil tertinggi dalam pemenangan Jokowi di pilpres,” tegas Kariyasa yang tak lama lagi akan menempati pos barunya di Senayan. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: