Kanwil Kemenkumham Malut Canangkan Komitmen Bersama Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021

(Baliekbis.com), Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut) melaksanakan pencanangan Komitmen Bersama Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021, bertempat di aula Kanwil, Selasa (16/2).

Kegiatan pencanangan dengan mengikuti protokol kesehatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, M. Adnan yang diwakili Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Raymond J.H. Takasenseran, Kadiv Keimigrasian, Filianto Akbar, Kadiv Pemasyarakatan, Teguh Wibowo, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Sofyan Ali, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Erryl Prima Putra Agoes, serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi, dan Pejabat Administrator Kanwil.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenkumham RI. Selanjutnya digelar penandatangan komitmen bersama janji kinerja dan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM antara Kakanwil dan Pimti serta Kepala UPT, komitmen bersama pembangunan ZI antara Kakanwil dan Pimti serta Kepala UPT, yang dilanjutkan antara Kakanwil dengan Kepala Perwakilan Ombudsman Malut dan Kejati Malut. Terakhir penandatanganan digital antara Kakanwil dengan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Malut.

Kakanwil M Adnan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadiv Administrasi, Raymond J.H.T menyampaikan deklarasi janji kinerja dan pencanangan komitmen bersama pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM merupakan dua hal yang memiliki relevansi satu sama lain, yang pada gilirannya bermuara pada pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Pelaksanaan reformasi birokrasi sejatinya menyadarkan kita untuk dapat melaksanakan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Sehingga dapat melayani masyarakat dengan cepat, tepat, dan profesional, serta memiliki akuntabilitas kinerja,” ujarnya yang direlai dengan zoom meeting dan youtube Kanwil Kemenkumham Malut itu.

Dalam sambutan Kakanwil yang dibacakan Kadivmin diingatkan penandatanganan komitmen bersama tidak harus dipahami sebagai acara seremonial. Namun lebih dari itu, lanjutnya, penandatanganan pencanangan merupakan momen sakral mengikrarkan janji dan komitmen bersama para Pimpinan Satuan Kerja dalam mencapai kinerja dan prestasi. “Serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara proaktif dan tanpa pamrih,” ujar Raymond membacakan sambutan Kakanwil.

Kakanwil M Adnan menargetkan, pada tahun 2021 ini satuan kerja lingkup Kanwil Kemenkumham Malut harus dapat meraih predikat WBK sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM. Kakanwil menekankan pentingnya peran Pimpinan dalam pelaksanaan komitmen Janji Kinerja dan Pembangunan zona integritas. “Para pimpinan harus mampu menjadi role model (teladan) bagi jajarannya,” katanya.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Malut, Sofyan Ali dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Malut yang serius dalam pelaksanaan reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas.

Sofyan memberikan dukungan agar jajaran Kanwil Kemenkumham Malut dapat memperoleh predikat WBK tahun ini, dengan fokus pada peningkatan akuntabilitas kinerja serta peningkatan kualitas pelayanan publik. “Sehingga di mata masyarakat, wajah negara dalam bentuk pelayanan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” ujar Sofyan.

Selanjutnya Kadiv Administrasi, Raymond mewakili Kakanwil M Adnan membacakan Janji Kinerja yang diikuti oleh seluruh jajaran Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Malut. (udi)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: