Kadis Perikanan Badung Tebar 100 Ribu Benih Ikan di Gerih

(Baliekbis.com),Keinginan masyarakat desa adat Gerih, Abiansemal agar beberapa buah kolam di pura taman beji dan dua aliran sungai yang mengapit desa mungil itu ditebari benih ikan segera bisa terwujud. Bak gayung bersambut, Bupati Badung dalam hal ini Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung merespon positif keinginan masyarakat dan langsung turun ke lapangan didampingi Kabag dan staf serta PPL melakukan penebaran 100 ribu ekor benih ikan siap tebar, Selasa (12/5/2020).

Penebaran kali ini dilakukan di beberapa pura taman yang memiliki kolam di antaranya, taman Langse, taman Bagendra Sari, dan taman Gatep serta di dua aliran sungai, tukad (sungai-red) yakni Padang Luwah yang berada di tepi timur desa dan tukad Bagiang di tepi barat.

Pada kesempatan ini, Kadis Perikanan Nyoman Suardana berharap agar seluruh komponen masyarakat bahu membahu saling menjaga dan saling mengingatkan agar senantiasa merawat, melindungi dan melestarikan eksistensi kolam ataupun sungai sebagai benteng pelestarian sumber mata air dan biota yang ada di dalamnya.

“Kami mewakili pemerintah Kabupaten Badung sangat gembira, bahwa masyarakat semakin peduli dan tanggap akan keberlangsungan sumber-sumber mata air yang ada, sehingga dengan kita menebar benih ikan secara tidak langsung sumber air yang ada akan tetap lestari,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bendesa Adat Gerih terpilih, I Ketut Riasa yang didampingi petajuh, saba lan sukerta desa menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah kabupaten Badung yang sudah merespon keinginan masyarakat akan benih ikan.

Pihaknya berharap tetap dipantau agar keberadaan ikan yang ditebar tetap lestari dan bisa berkembang biak secara optimal. Di samping itu pula agar warga mengetahui bagaimana cara merawat dan membudidayakan ikan air tawar yang benar dan tepat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh semeton KomPrES (Komunitas Pelestarian Ekosistem Sungai), Prajuru adat dinas banjar dan desa serta tokoh masyarakat desa adat Gerih. (wkj)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: