Jayanegara Mendem Dasar di Banjar Kaliungu Klod Denpasar

(Baliekbis.com), Kota Denpasar yang kaya dengan kebudayaan tak pernah lepas dari aktivitas adat istiadat. Bertepatan dengan Rahina Sukra Wage Wayang, Wakil Walikota Denpasar IGN Jayanegara menghadiri upacara Mendem Dasar serangkaian Karya Pemlaspasan Bale Banjar dan Bale Kulkul serta Pujawali Ida Bhatara Sesuhunan Pura Pucak Sari Banja Adat Kaliungu Kelod, Denpasar pada Jumat (30/1). Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar IGN Jayanegara hadir didampingi Camat Denpasar Timur Dewa Made Puspawan disambut hangat tokoh masyarakat adat Setempat.

Ketua Panitia Karya I Gede Arya Wiranegara didampingi Jro Kelihan Adat Banjar Kaliungu Klod Nyoman Gunayana mengatakan Karya Pemlaspasan Bale Banjar dan Bale Kulkul serta Pujawali Ida Bhatara Sesuhunan Pura Pucak Sari Banjar Adat Kaliungu Kelod ini dimulai pada Buda Paing Wayang Rabu (28/12) dan Puncak Karya akan dilaksanakan pada Saniscara Kliwon  Sabtu (31/12) dimana puncak karya ini akan dilaksanakan Upacara Mlaspas Bale Banjar dan Bale Kulkul , Pujawali, Ngider Bhuana, Mewayang- wayangan, Tabuh Agung dan Klincang Klincung .”Sebelumnya juga telah dilaksanakan beberapa rangkaian upacara seperti pada Sukra Wage Jumat (30/12) Nuur Tirta lan nunas dasar ke Grya dan Mendem Dasar” ujar I Gede Arya Wiranegara.

Sementara Wakil Walikota Denpasar IGN Jayanegara mengatakan sebagai umat beragama, hendaknya kita senantiasa meningkatkan Sradha Bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widhi. Kita juga harus berpedoman terhadap Konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan ini agar tercipta nya harmonisasi yang baik antara semua makhluk hidup”ujar Jayanegara. (esa/ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.