Jangan Remehkan Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

(Baliekbis.com), Pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia. Buah pisang mudah di dapatkan pada semua tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang cocok sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.
Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh. Manfaat buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya yang penting, seperti : vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Berikut ini manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.

1. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah pisang berikut ini adalah salah satu yang terpenting. Kalium dan magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan benar. Keduanya memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang stabil.

Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 12% dari asupan harian kalium yang direkomendasikan serta 16% asupan harian yang direkomendasikan untuk magnesium, menjadikan mereka sumber yang luar biasa dari kedua nutrisi ini! Mendapatkan cukup kalium dan magnesium telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Untuk pasien dengan tekanan darah tinggi, makanan tinggi kalium, seperti buah pisang, dapat digunakan sebagai obat untuk membantu menurunkan tekanan darah.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah pisang merupakan makanan ringan sehat dengan 100 kalori. Meskipun memiliki 100 kalori namun pisang juga tinggi akan serat, yang berarti mereka akan membuat anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan makanan dengan kandungan serat yang lebih rendah. Hal ini dapat menurunkan asupan kalori anda secara keseluruhan selama satu hari, membuatnya menjadi alat penurunan berat badan yang hebat.

Pisang hijau juga membantu menurunkan berat badan. Mereka adalah salah satu sumber terbaik dari pati resisten. Pati resisten berbeda dari pati biasa dalam hal karbohidrat yang tidak bisa dicerna. Fungsinya seperti serat larut dan memberi makan bakteri ramah di usus anda, sehingga mendorong pencernaan yang lebih baik. Pati resisten juga memiliki kalori lebih sedikit daripada pati biasa, namun masih dapat memuaskan rasa lapar yang sama. Jadi, sama halnya dengan pisang kuning, pisang hijau juga mendorong perasaan kenyang dan mengakibatkan nafsu makan menurun.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat buah pisang berikut ini. Ada banyak alasan mengapa buah pisang merupakan pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil. Pertama, pisang kaya akan asam folat. Asam folat digunakan untuk membuat darah ekstra yang dibutuhkan tubuh anda selama kehamilan. Selain itu, buah pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang membantu mencegah anemia, dan menjamin ketersediaan darah yang cukup untuk pertumbuhan janin dan ibu.

Buah pisang juga baik untuk mencegah, atau setidaknya membantu meringankan beberapa efek samping yang tidak begitu menyenangkan selama kehamilan. Kandungan buah berserat tinggi merupakan bantuan besar untuk memerangi sembelit. Solusi alami ini adalah alternatif yang sehat sebagai pengganti obat pencahar kimiawi. Buah pisang juga dapat memberikan bantuan terhadap rasa mual, membuat mereka camilan sempurna untuk wanita hamil yang sering berurusan dengan morning sickness (mual pagi). Mereka juga membantu mengatur kadar gula darah bila dikonsumsi di antara waktu makan.

Wanita hamil harus ekstra hati-hati dengan asupan garam mereka karena dapat dengan mudah membuat tubuh menahan air sehingga meningkatkan tekanan darah. Kalium dalam buah pisang membantu tubuh memproses keluar garam dengan cepat, sehingga mengurangi kemungkinan efek samping negatif dari garam.

4. Mendorong Energi dan Meningkatkan Stamina

Buah pisang terdiri dari tiga jenis gula: glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Glukosa dan fruktosa cepat diserap ke dalam aliran darah dan memberikan dorongan energi segera. Sukrosa, di sisi lain, diserap perlahan-lahan dan dengan demikian menjaga kadar gula darah stabil. Hal ini juga mencegah terjadinya lonjakan gula secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh makanan manis lainnya, seperti soda. Pasokan energi tahan lama dari buah pisang sangat baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Buah pisang juga merupakan pendorong energi yang besar untuk kecerdasan anda. Kalium bertindak sebagai bahan bakar untuk otak, membuat kita lebih waspada dan menerima pembelajaran, sedangkan magnesium membantu meningkatkan kemampuan kita untuk fokus. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pisang, kaya kandungan kalium dan magnesium, menjadi pilihan camilan yang hebat sebelum ujian karena kemampuannya dalam meningkatkan konsentrasi.

5. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Buah pisang dipenuhi dengan nutrisi yang mendukung kepadatan tulang. Kalium, magnesium, vitamin B, dan vitamin C semua sangat bermanfaat untuk menjaga tulang yang kuat.

Buah pisang juga mengandung jumlah fructooligosaccharide (FOS) yang sangat tinggi. Fructooligosaccharide adalah senyawa prebiotik yang membantu bakteri probiotik untuk menghasilkan enzim pencernaan dan vitamin. Vitamin dan enzim pencernaan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium, yang merupakan salah satu mineral yang paling penting terkait dengan kesehatan tulang.

Khasiat pisang tersebut menjadikan pisang sebagai  buah yang lezat dan murah serta yang paling populer di dunia. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: