Jambore Kwarcab Denpasar ke XII Bentuk Karakter Generasi Muda

(Baliekbis.com), Sebagai wadah pembinaan generasi muda dengan memberikan edukasi dan pembentukan karakter, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar kembali menggelar Jambore Cabang Denpasar ke XII di Bumi Perkemahan Segara Mantra, Serangan Denpasar Selatan, Selasa (30/10). Acara rutin tahunan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang Denpasar I Gusti Lanang Jelantik mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Dalam kesempatan itu I Gusti Lanang Jelantik mengatakan, pendidikan kepramukaan penting dan strategis dalam upaya pembentukan karakter siswa. Kegiatan ini ia berharap intelektual memiliki kecakapan Dengan dilaksanakan kegiatan ini hidup (life skill) berdasarkan spirit takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari hal itu

Lanang Jelantik meneknkan kepada pelatih dan pembina untuk mengembangkan sikap peduli dan tanggap terhadap  masalah kemasyarakatan dan lingkungan seperti sekarang ini sedang terjadi bencana di Lombok, NTB dan di Palu, Sulawesi Tengah. ‘’Coba kita gerakan sikap mereka untuk mewujudkan keperdulian terhadap bencana tersebut,’’ harapnya

Tidak hanya itu Lanang Jelantik juga memberikan pesan kepada peserta agar Jambore cabang ini dipakai sarana pelajar untuk memupuk semangat persatuan, persahabatan dan kebersamaan, ikuti seluruh kegiatan serap pengalaman pererat persahabatan. ‘’Yang paling penting, setelah selesai mengikuti kegiatan ini agar disebarkan kepada teman-teman di sekolah masing-masing serta tanamkan kebanggaan tingkatkan bhakti dan sradha, pererat persaudaraan dan hormati guru-guru kalian di sekolah,’’ harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia  I Made Badrawan mengatakan, Gerakan Pramuka salah satu wadah pembinaan generasi. Selain itu pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter anak. Sehingga dalam Jambore Cabang Denpasar 2018 mengambil motto ‘’Satyaku kudarmakan  darmaku kubaktikan, dan mengusung tema ‘’Bergembira, kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter’’.

Kegiatan ini diikuti adik-adik penggalang putra dan putri yang berpangkalan di SMP terdiri dari 12 SMP Negeri dan 22 SMP Swasta , 34 Gudep putra sebanyak 272 orang dan gudep putri 34 sebanyak 272 orang ditambah pendamping putra 34 orang dan pendamping putri 34 orang. Secara keseluruhan berjumlah peserta 544 orang dan pendampingan 68 0rang.

Dalam acara itu akan peserta diberikan 6 kegiatan yaitu kegiatan umum terdiri dari upacara, pembukaan, penutupan, malam catur muka, olah raga, apel pagi, sore, ajang kebersihan perkemahan, ibadah dan karnaval. Kegiatan lainnya adalah pertualangan, workshop, beach chaleng,  global development village,  wisata dan kuliner. ‘’Dengan kegiatan ini diharapkan peserta dapat mendapat bekal untuk disebar luaskan kepada teman-temannya di sekolah,’’ ujarnya. (ayu)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: