Jalan Sehat Pungut Sampah ST Santika Budhi, Ajak Generasi Muda Peduli Kebersihan

(Baliekbis.com), Serangkaian memperingati HUT Sekaa Truna Santika Budhi ke-18, Banjar Kayumas Kelod, Kelurahan Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Timur, melaksanakan berbagai kegiatan. Pada Minggu (14/5) kegiatan jalan sehat menghiyasi kegiatan hari jadi Sekaa Teruna Banjar Kayumas Kelod yang dilepas Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama tokoh banjar setempat yang ditandai dengan pelepasan balon. Ratusan masyarakat Banjar Kayumas Kelod tumpah ruah ke jalan untuk mengikuti jalan sehat yang sudah ditunggu-tunggu sejak pagi hari. Masing-masing peserta tampak telah membawa kantong sampah masing-masing dan bersiap berjalan sambil memungut sampah.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Sekhaa Truna Santika Budhi serta mengajak generasi muda maupun masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kegiatan jalan sehat bisa diisi dengan kegiatan pungut sampah disepanjang jalur lintasan. Sehingga kegiatan disamping memberikan dampak kesehatan juga berdampak pada kebersihan lingkungan,’’ ujar Rai Mantra. Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak Desa/Kelurahan di Denpasar guna mengatasi permasalahan sampah. Disamping itu  menggalakan kegiatan gotong royong secara rutin sehingga mampu secara bersama-sama mewujudkan kebersihan lingkungan. Tidak hanya lingkungan saja, sungai pun harus mendapatkan perhatian yang serius dan melarang keras masyarakat menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah. “Kita harus secara bersama-sama mewujudkan Denpasar bersih, sehat, dan hijau, hal ini harus dimulai dari diri sendiri, kemudian yang terpenting juga harus menggetok tularkan kepada generasi muda,” ujar Rai Mantra.

Ketua ST Santika Budhi, Alit Aryana Putra ditemui disela-sela kegiatan mengatakan serangkaian memperingati HUT ST Santika Budhi, pihaknya mengadakan berbagai acara seperti kegiatan donor darah, cek kesehatan gratis untuk masyarakat, serta gerak jalan sehat sambil memungut sampah plastik. Terkait permasalahan kebersihan menurut Alit Aryana sudah sepantasnya kita selaku masyarakat wajib untuk ikut menjaga kebersihan. Hal ini tidak saja menjadi tanggungjawab pemerintah, namun mampu secara bersama-sama mendukung pemerintah mewujudkan lingkungan bersih. Lewat kegiatan jalan sehat ini disamping untuk kesehatan juga diharapkan memberikan dampak bagi lingkungan. Adapun rute yang ditempuh dengan mengambil  start dari jalan Kapten Regug menuju jalan Udayana kemudian menuju jalan Surapati lalu ke utara menuju jalan Kepundung belok kanan ke jalan Patimura kemudian kearah selatan menuju jalan Melati kembali ke arah jalan Surapati dan finish di jalan Letda Winda. “Kegiatan seperti ini kedepannya akan kami lakukan secara berkelanjutan, selain itu  kegiatan seperti ini untuk merangsang generasi muda dan masyarakat ikut serta peduli dan tergerak bersama terhadap kebersihan, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman,” kata Aryana Putra.

Hal senada disampaikan Kelian Adat banjar Kayumas Kelod, Made Kamajaya, memang sudah sepantasnyalah kita selaku masyarakat selalu membudayakan pola hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan. Made Kamajaya juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ST Santika Budhi ini dengan mengadakan jalan sehat sambil memengut sampah plastik. Selain itu peran ST Santika Budhi ini juga sangat dirasakan di Banjar Kayumas Kelod, seperti pada setiap kegiatan dan upacara adat di Banjar mereka selalu terlibat serta menunjukan eksistensinya sebagai generasi muda. (Ngurah)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: