Jadikan Karang Taruna Wadah Aspirasi Masyarakat

(Baliekbis.com), Setelah mampu tampil sebagai juara pertama pada ajang Lomba Evaluasi Pilar-Pilar Sosial Teladan Tingkat Provinsi Bali mewakili Kabupaten Gianyar, Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati kini mewakil Provinsi Bali pada ajang yang sama di tingkat nasional yang diselenggarakan Kementrian Sosial RI. Kegiatan akan berlangsung dari 12 s/d 19 Agustus mendatang di Jakarta. Hal tersebut terungkap saat Plh.Bupati Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya menerima Ketua Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati, I Made Suantara di ruang kerjanya, Rabu, (8/8).

Plh. Bupati Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya pada kesempatan itu sangat mengapresiasi raihan prestasi Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati. Raihan prestasi ini, tentu menegaskan bahwa kiprah Karang Taruna Putra Persada dalam menangani penyandang masalah kesejahteraan social di masyarakat sudah terbukti dan diakui. Dalam hal ini, Pemkab Gianyar sangat mensupport kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam menangani masalah social di masyarakat. Dikatakan, Karang Taruna merupakan salah satu mitra pemerintah di tingkat desa, sehingga peran aktifnya sangat diperlukan dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gianyar.  Hal ini diharapkan juga bisa menjadi tauladan, bagi organisasi kepemudaan maupun organisasi sosial lainnya sehingga pengentasan masalah penyandang masalah kesejahteraan sosial masyakat dapat dipercepat.

“Kita sangat apresiasi atas prestasi yang diraih. Prestasi ini tentu diraih dengan kerja keras melalui implementasi program dalam suatu kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat terutama penyandang masalah sosial. Kita juga harapkan hal ini mewabah ke organisasi-organisasi sosial lainnya,” terang Wisnu Wijaya.

Ketua Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati, I Made Suantara, mengatakan karang taruna dibentuk sejak tahun 1991 dengan visi terwujudnya Karang Taruna dalam menyikapi penyandang masalah social berdasarkan Tat Twam Asi dan Tri Hita Karana. Sementara misinya yakni, mewujudkan Karang Taruna yang berbudaya dan berbudi pekerti berlandaskan Pancasila, mewujudkan Karang Taruna sebagai bentuk apresiasi kaum muda dalam menyikapi penyandang masalah kesejahteraan sosial, mewujudkan Karang Taruna sebagai wadah aspirasi masyarakat serta mewujudkan Karang Taruna berwawasaan seni dan budaya.

Visi misi tersebut sudah sangat jelas dan sudah diimplementasikan dalam program kegiatan di masyarakat. Salah satunya memberikan bantuan paket sembako untuk KK tidak mampu di Desa Sukawati, donor darah, senam lansia, pap smear gratis hingga pemberian bantuan kursi roda pada penyandang disabilitas. Semua kegiatan tersebut bekerja sama dengan dinas/instansi terkait di pemerintahan.

Selain hanya berkiprah di kegiatan social, Karang Taruna Putra Persada juga intens menaruh perhatian pada kelestarian lingkungan sekitarnya, seperti rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan di seputarn Pantai Purnama. “Selain fokus pada masalah penyandang masalah kesejahteraan sosial, kita juga bergerak dalam bidang lingkungan dan kegiatan olahraga dengan memanfaatkan potensi yang kita miliki,” terang Suantara. (hms)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: