Ingin Rambut Hitam Alami? Simak Tips Berikut!

(Baliekbis.com), Orang Indonesia kebanyakan memiliki rambut hitam akibat adanya pigmentasi secara alami. Hanya ada beberapa diantara mereka yang mempunyai rambut merah dan beruban. Biasanya uban muncul akibat faktor-faktor tertentu seperti stres, usia yang sudah tua, gejala suatu penyakit, hingga gizi buruk. Terkadang rambut hitam dianggap sebagai salah satu simbol rambut yang subur dan ideal. Hal inilah yang mendorong banyak sekali masyarakat mencari cara menghitamkan rambut secara alami. Sebenarnya menghitamkan rambut sangatlah mudah sekali, bahkan tak perlu keluar banyak modal untuk pergi ke salon.

Buah Mangga

Jika selama ini Anda sering mengkonsumsi buah mangga mentah sebagai rujak yang segar di siang hari, mungkin ini saatnya untuk menjadikannya bagian dari perawatan rambut hitam berkilau Anda, setelah rambut anda hitam anda bisa membentuk cara mengepang rambut pendek . Anda juga dapat memasukkan daun mangga untuk menambah khasiat supaya lebih maksimal, dan menumbuk kedua bahan tersebut hingga halus. Jika kesulitan menumbuknya, Anda dapat menggunakan blender supaya lebih cepat dan halus tentunya.

  • Kemudian, campurkan air secukupnya pada buah dan daun mangga yang sudah halus tersebut hingga membentuk seperti pasta.
  • Oleskan pasta itu ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan merata dengan sedikit dipijat seperti melakukan massage. 
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup handuk hangat, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dikenal secara turun-temurun sebagai bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan dan perawatan rambut, termasuk juga perawatan untuk menghitamkan rambut dan membuatnya berkilau. Cara untuk melakukan perawatan ini pun cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mengambil gel yang ada dalam daun lidah buaya dan mengoleskannya ke rambut serta kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit supaya kandungannya meresap baik, lalu bilas dengan bersih menggunakan air dingin.

Air teh basi

Dalam air teh basi sebenarnya terkandung senyawa zinc, vitamin, kalsium, dan beragam mineral lainnya yang sangat baik untuk menormalkan pigmentasi rambut. Manfaat teh basi tidak hanya untuk menghitamkan rambut saja. Kandungan mineral essens yang ada di dalam air teh ini juga baik untuk mencegah munculnya uban rambut secara alami. Agar hasilnya maksimal, diamkanlah air teh basi selama semalam.

Menghitamkan rambut dengan air teh basi:

  • Pertama buatlah secangkir teh tanpa gula, lalu diamkan selama semalam.
  • Ketika pagi harinya, basuhkan teh basi tersebut keseluruh bagian rambut. Pijat-pijat sebentar selama 5 menitan agar meresap, lalu diamkan selama 25 menit.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih, atau kamu juga bisa keramas.

Buah alpukat

Manfaat alpukat sangatlah besar sekali. Konon, buah alpukat banyak digunakan oleh para ratu kerajaan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut mereka. Setelah diteliti, kandungan nutrisi dalam alpukat memang cukup efektif untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, lembab, dan hitam secara alami.

Cara alami menghitamkan rambut dengan alpukat:

  • Siapkan satu buah alpukat segar, kemudian kerok daging buahnya dengan menggunakan sendok atau alat pengerok lainnya.
  • Selanjutnya campurkan halusan daging buah alpukat tadi dengan air perasan jeruk nipis/lemon. Aduk-aduk merata sampai membentuk krim/pasta.
  • Bilas rambut dengan air dingin sampai bersih, kemudian oleskan halusan alpukat secara merata keseluruh bagian rambut.
  • Tutup dengan menggunakan shower cup atau apabila tidak ada gunakan handuk basah selama 30 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai semua buah alpukat bersih dari rambut.

Biji pepaya hitam

Biji pepaya sangatlah efektif untuk obat penghitam rambut alami. Bahkan biji pepaya terbukti sangat baik untuk melembabkan rambut dan mencegah uban.

Cara menghitamkan rambut dengan biji buah pepaya:

  • Pertama siapkan sebanyak 30 biji buah pepaya, kemudian sangrai tanpa menggunakan minyak sampai kering.
  • Selanjutnya tumbuk biji-biji tadi sampai halus. Lalu campurkan bersama minyak kelapa sampai membentuk adonan mirip shampo.
  • Oleskan halusan biji pepaya secara merata keseluruh bagian rambut. Pijat sebentar selama kurang lebih 5 – 10 menitan, lalu diamkan 30 menit agar meresap sempurna.
  • Untuk membersihkannya, kamu bisa langsung keramas.

Kelapa hijau

Kelapa hijau mengandung air yang cukup segar di dalamnya. Biasanya air tersebut dimanfaatkan untuk membuat es yang sangat menyegarkan, apalagi jika kita konsumsi ketika cuaca sedang terik-teriknya. Namun selain segar, ternyata kelapa hijau juga sangat bermanfaat untuk rambut.

Cara menghitamkan rambut dengan kelapa hijau:

  • Siapkan satu buah kelapa hijau yang masih tergolong cukup segar dan garam dapur secukupnya.
  • Parut kelapa tanpa kulit dengan menggunakan alat, apabila tidak ada kamu bisa pergi ke pasar.
  • Setelah itu campur halusan kelapa tadi dengan garam dapur sampai merata. Kemudian peras hingga menghasilkan sari kelapa (mirip santan).
  • Oleskan air perasan tersebut keseluruh bagian rambut 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Untuk hasil maksimal, lakukanlah selama 7 hari berturut-turut.

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: